HUBUNGAN KARAKTERISTIK PEKERJA, HOUSEKEEPING, KETERSEDIAAN DAN PEMAKAIAN ALAT PELINDUNG DIRI TERHADAP KEJADIAN MINOR INJURY (STUDI DI PROYEK PEMBANGUNAN APARTEMEN X, KOTA SEMARANG)

KHAQIIQUDIN, MUHAMMAD GHULAM (2019) HUBUNGAN KARAKTERISTIK PEKERJA, HOUSEKEEPING, KETERSEDIAAN DAN PEMAKAIAN ALAT PELINDUNG DIRI TERHADAP KEJADIAN MINOR INJURY (STUDI DI PROYEK PEMBANGUNAN APARTEMEN X, KOTA SEMARANG). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
47Kb

Abstract

Minor injury merupakan kecelakaan ringan yang dialami pekerja yang mengakibatkan cidera namun tidak menyebabkan hilangnya jam kerja lebih dari 2x24 jam dan dapat segera ditangani. Kejadian minor injury sering dialami pekerja di tempat kerja, namun sering kali diabaikan dan jarang ada nya evaluasi. Minor injury yang diabaikan dapat berisiko mengakibatkan kecelakaan yang lebih berat bagi pekerja. Tujuan dalam penelitian ini adalah menganalisa hubungan antara karakteristik pekerja (usia, masa kerja, tingkat pendidikan dan sikap), housekeeping, ketersediaan dan pemakaian alat pelindung diri dengan kejadian minor injury pada pekerja proyek pembangunan Apartemen X, Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian analitik observasional dengan menggunakan studi cross-sectional. Populasi dalam penelitian ini yaitu 144 pekerja konstruksi proyek pembangunan Apartemen X dan sampel dalam penelitian ini adalah 60 orang pekerja dari populasi. Instrumen penelitian ini adalah kuesioner dan lembar observasi. Analisis data menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian menunjukan ada hubungan antara usia (sig 0.002), masa kerja (sig 0.030), sikap (sig 0.0001), housekeeping (sig 0.002) dan pemakaian APD (sig 0.006) dengan kejadian minor injury. Tidak ada hubungan antara tingkat pendidikan (sig 0.120) dan ketersediaan APD (sig 0.748) dengan kejadian minor injury. Sebanyak 58.3% pekerja pernah mengalami minor injury dalam 6 bulan terakhir. Untuk mengurangi kejadian minor injury pada pekerja, manajemen diharapkan meningkatkan kualitas pekerja dengan cara melakukan pelatihan terhadap pekerja, pengoptimalan safety talk dan safety inspection Kata Kunci: minor injury, karakteristik pekerja, housekeeping, APD

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:77257
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:03 Oct 2019 09:09
Last Modified:03 Oct 2019 09:09

Repository Staff Only: item control page