FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KESIAPSIAGAAN TANGGAP DARURAT DI PT. APAC INTI CORPORA SEMARANG (Studi pada Bagian Spinning IV OE)

FITRIANI, ZAHRA NURDINA (2019) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KESIAPSIAGAAN TANGGAP DARURAT DI PT. APAC INTI CORPORA SEMARANG (Studi pada Bagian Spinning IV OE). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
45Kb

Abstract

Kesiapsiagaan adalah aktivitas yang dilaksanakan sebelum terjadi bencana dengan tujuan untuk memfasilitasi respon efektif dan pengembangan kapasitas operasional saat bencana terjadi. PT. Apac Inti Corpora Semarang yaitu perusahaan tekstil yang memproduksi benang, kain, dan jeans. Banyaknya proses produksi mengakibatkan timbulnya aktivitas yang beragam seperti penggunaan alat listrik dan penggunaan mesin pemintal sehingga memiliki resiko tinggi dan meningkatkan resiko terjadinya kebakaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan kesiapsiagaan PT. Apac Inti Corpora khususnya pada bagian Spinning IV OE dalam menghadapi kebakaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan studi cross-sectional. Populasi dalam penelitian ini yaitu 107 pekerja di bagian Spinning IV OE. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 40 orang dengan teknik pengambilan purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner dan lembar observasi. Lembar observasi digunakan untuk melihat kesesuaian sarana proteksi kebakaran yang ada dengan standar yang berlaku di Indonesia. Analisis statistik yang digunakan yaitu uji chi-square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada varibel yang berhubungan dengan kesiapsiagaan pekerja dalam menghadapi kebakaran yaitu umur (p-value 0,003) dan jenis kelamin (p-value 0,007), sedangkan variabel yang tidak berhubungan adalah pengetahuan (p-value 1,000 ), sikap (p-value 0,721), sarana proteksi (p-value 0,761), penerapan pelatihan (p-value 0,196), dan pengawasan petugas K3 (0,525). Peneliti menyarankan untuk memperbaiki dan menambahkan sarana proteksi kebakaran, Memberlakukan sistem rewards atau penghargaan bagi pekerja yang telah menaati aturan mengenai bahaya kebakaran Kata Kunci: Kesiapsiagaan, Kebakaran, Pekerja Tekstil, Perilaku Keselamatan

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:77256
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:03 Oct 2019 09:06
Last Modified:03 Oct 2019 09:06

Repository Staff Only: item control page