KEANEKARAGAMAN BINTANG MENGULAR (OPHIUROIDEA) DAN BULU BABI (ECHINOIDEA) DI PERAIRAN PANTAI KRAKAL, DAN PANTAI WATU KODOK, GUNUNG KIDUL, YOGYAKARTA

REHNALEM , SEPTIWI TARIGAN (2019) KEANEKARAGAMAN BINTANG MENGULAR (OPHIUROIDEA) DAN BULU BABI (ECHINOIDEA) DI PERAIRAN PANTAI KRAKAL, DAN PANTAI WATU KODOK, GUNUNG KIDUL, YOGYAKARTA. Undergraduate thesis, Faculty of Fisheries and Marine Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
6Mb

Abstract

Pantai Krakal dan Pantai Watu Kodok adalah pantai di Gunung Kidul, Yogyakarta dengan karakteristik laut yang berarus kencang dan batuan karst yang menyusun datarannya. Substrat pantai yang berupa karang mati dengan zona intertidal yang luas memungkinkan untuk melihat biota laut yang terperangkap di cekungan-cekungannya pada saat surut. Karakteristik pantai dengan substrat karang mati serta banyak cekungan menjadikan pantai ini sebagai habitat yang disukai biota dari filum Echinodermata khususnya bintang mengular dan bulu babi sebagai hewan bentik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman bintang mengular dan bulu babi di Pantai Krakal dan Pantai Watu Kodok, Gunung Kidul Yogyakarta. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November-Desember 2018 di Pantai Krakal dan Pantai Watu Kodok. Metode pengambilan data kelimpahan menggunakan metode transek kuadrat yang berukuran 1x1 m, sebagai parameter kualitas perairan diukur salinitas, pH, serta suhu. Analisis data meliputi kelimpahan jenis (individu.m -2 ), indeks keanekaragaman, indeks keseragaman, indeks dominansi dan indeks Morisita untuk mengetahui pola distribusi biota. Kelimpahan tertinggi di Pantai Krakal oleh Ophiocoma scolopendrina sebanyak 33,4 individu.m -2 , indeks keanekaragaman tergolong rendah, keseragaman kategori sedang, dominansi oleh O. scolopendrina. Pantai Watu Kodok memiliki kelimpahan tertinggi oleh Echinometra oblonga sebanyak 14,4 individu.m -2 , indeks keanekaragaman rendah, keseragaman tinggi, dan adanya dominansi oleh spesies E. oblonga. Keywords : Ophiocoma scolopendrina, Echinometra oblonga, low tide, Gunung Kidul.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > Q Science (General)
Divisions:Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Marine Science
ID Code:77254
Deposited By:Pancasila Wati FPIK
Deposited On:21 Oct 2019 08:11
Last Modified:21 Oct 2019 08:11

Repository Staff Only: item control page