Musthofa, Ali and Mulyatno Setiawan, Bambang and Mukson, Mukson (2019) Analisis Strategi Pemasaran Buah Semangka di Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Tani Makmur di Desa Cabean Kecamatan Demak Kabupaten Demak. HEXAGRO, 3 (1). ISSN P-ISSN : 2549-2691
| PDF 557Kb | |
| PDF 525Kb |
Official URL: https://www.e-journal.unper.ac.id/index.php/hexagr...
Abstract
Penelitian bertujuan merumuskan strategi pemasaran efektif dengan mengidentifikasi faktor-faktor internal dan eksternal pemasaran buah semangka di Gapoktan Tani Makmur Desa Cabean, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak. Penelitian dilaksanakan pada bulan Desember 2018 sampai dengan Februari 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Purposive. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 orang, terdiri dari 20 orang responden anggota Gapoktan yang menanam semangka dan 20 responden lain merupakan orang diluar Gapoktan yang terkait dalam penelitian ini. Pementuan responden internal menggunakan Metode Snowball Sampling. Pementuan responden eksternal dengan menggunakan Metode Purposive Sampling. Analisis data menggunakan Analisis SWOT dan Matriks QSP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 7 strategi alternatif yang diterapkan Gapoktan dalam memperbaiki sistem pemasaran buah semangka. Berdasarkan Matriks QSP diperoleh prioritas strategi sebagai berikut: Menjalin kerjasama dengan perusahaan pemasaran dan produksi, pembentukan koperasi dan bidang pemasaran, mempertahankan dan meningkatkan produk, melakukan segmentasi produk, melakukan kerjasama dengan pemerintah, membentuk forum diskusi antar Gapoktan dan pemilihan waktu penjualan yang tepat. Kata kunci: buah semangka, gapoktan, strategi pemasaran
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Agribusiness |
ID Code: | 77238 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 20 Nov 2020 10:26 |
Last Modified: | 20 Nov 2020 10:26 |
Repository Staff Only: item control page