FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KESIAPAN MITIGASI KEBAKARAN PADA POM BENSIN MINI (STUDI DI KECAMATAN BANYUMANIK DAN TEMBALANG KOTA SEMARANG)

NISAK, KHOIROTUN (2019) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KESIAPAN MITIGASI KEBAKARAN PADA POM BENSIN MINI (STUDI DI KECAMATAN BANYUMANIK DAN TEMBALANG KOTA SEMARANG). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
43Kb

Abstract

Pom bensin mini adalah suatu tempat penjualan bahan bakar minyak (BBM) eceran yang pengisiannya menggunakan alat pompa manual yang dilengkapi tabung penyimpanan dan perhitungan digital. Standar kemanan pada pom bensin mini masih minim dimana terdapat pom mini yang tidak memiliki alat pemadam api ringan (APAR) atau alat pemadam api tradisional disekitar area pom bensin mini. Pernah terjadi kasus kebakaran pom mini di desa Loram Wetan Kabupaten Kudus yang menghanguskan rumah pemilik dan terdapat 1 korban luka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan kesiapan mitigasi kebakaran pada pom bensin mini. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan studi cross-sectional. Populasi dalam penelitian ini yaitu 20 pekerja pom bensin mini. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik total sampling yaitu 20 responden. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner yang terdiri atas pertanyaan sekaligus observasi. Analisis statistik yang digunakan yaitu uji chi-square. Hasil penelitian menggunakan chi- square diperoleh variabel yang berhubungan dengan kesiapan mitigasi kebakaran adalah masa kerja (p-value=0,020), pengetahuan (p-value=0,005), penerapan prosedur kerja(p-value=0,005). Sedangkan variabel yang tidak berhubungan dengan kesiapan mitigasi kebakaran adalah umur (p-value=0,628), jenis kelamin (p-value=1,000), tingkat pendidikan (p-value=0,582), dan motivasi kerja(p-value=0,057). Saran yang dapat diterapkan di pom bensin mini adalah dengan meningkatkan pengetahuan dan menyelenggarakan pelatihan dengan cara sosialisasi dan bimbingan langsung dari pemilik atau penyedia alat untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan pekerja dalam upaya mitigasi kebakaran Kata Kunci: Mitigasi Kebakaran, Kebakaran, Pom Bensin Mini

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:77203
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:02 Oct 2019 11:46
Last Modified:02 Oct 2019 11:46

Repository Staff Only: item control page