STUDI PENGEMBANGAN EKOWISATA MANGROVE BERBASIS MASYARAKAT DI DUKUH PANDANSARI, DESA KALIWLINGI, KECAMATAN BREBES, KABUPATEN BREBES

FAJRI , ARY SETYAWAN (2019) STUDI PENGEMBANGAN EKOWISATA MANGROVE BERBASIS MASYARAKAT DI DUKUH PANDANSARI, DESA KALIWLINGI, KECAMATAN BREBES, KABUPATEN BREBES. Undergraduate thesis, Faculty of Fisheries and Marine Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
1244Kb

Abstract

Dukuh Pandansari, Desa Kaliwlingi merupakan daerah yang terkena dampak abrasi air laut yang cukup tinggi. rehabilitasi terus dilakukan semenjak tahun 2005, kemudian oleh penduduk dilanjutkan dengan bentuk ekowisata Mangrove. Tujuan dari penelitian ini mengkaji potensi pengembangan ekowisata hutan mangrove berbasis masyarakat di Dukuh Pandansari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif eksploratif. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode survei dalam bentuk data primer dan data sekunder. Data yang diperoleh dilakukan penentuan strategi pengembangan ekowisata mangrove dan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, dan Threat). Hasil penelitian menunjukan aktivitas ekowisata hutan mangrove Pandansari sudah memiliki kelompok sadar wisata yang berbadan hukum. Ekowisata hutan mangrove memiliki potensi flora dan fauna yang merupakan hasil dari kegiatan rehabilitasi, potensi fisik memadai yang sudah dilengkapi dengan wahana air. Ekowisata hutan mangrove di lokasi tersebut juga memiliki potensi dari aktivitas masyarakat lokal seperti produk olahan mangrove, batik mangrove, garam rebus, dan budidaya kepiting soka. Analisi SWOT yang menjadi prioritas utama adalah: a) Meningkatkan promosi dan kerjasama dalam pengembangan ekowisata sebagai wisata edukasi (skor 2,381); b) Meningkatkan partisipasi masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan (skor 1,937) ; c) Menjaga dan melestariakan hutan mangrove dalam pengembangan pusat edukasi ekosistem hutan mangrove (skor 1,752).

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > Q Science (General)
Divisions:Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Marine Science
ID Code:77188
Deposited By:Pancasila Wati FPIK
Deposited On:21 Oct 2019 10:37
Last Modified:21 Oct 2019 10:37

Repository Staff Only: item control page