TINGKAT HERBIVORI DAUN MANGROVE Avicennia marina (Forssk.) Vierh. DAN Rhizophora mucronata DI DESA KALIWLINGI, KECAMATAN BREBES, KABUPATEN BREBES, JAWA TENGAH

EVA , WIDAYANTI (2019) TINGKAT HERBIVORI DAUN MANGROVE Avicennia marina (Forssk.) Vierh. DAN Rhizophora mucronata DI DESA KALIWLINGI, KECAMATAN BREBES, KABUPATEN BREBES, JAWA TENGAH. Undergraduate thesis, Faculty of Fisheries and Marine Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
1426Kb

Abstract

Vegetasi mangrove berperan dalam siklus nutrien atau unsur hara pada habitatnya, hal inilah yang menjadikan vegetasi mangrove sebagai tempat hidup, berlindung serta berkembang biak bagi fauna. Fauna yang terdapat di vegetasi mangrove menimbulkan hubungan simbosis terhadap tumbuhan mangrove contohnya dengan memakan daun mangrove. Herbivori pada daun mangrove merupakan salah satu faktor penyebab berkurangnya luasan daun mangrove, sehingga daerah fotosintesis menjadi berkurang dan akan mempengaruhi kondisi tanaman mangrove secara keseluruhan. Herbivori pada daun mangrove mengurangi peran mangrove sebagai penghasil serasah sehingga produktivitas perairan menurun karena sumbangan bahan organik yang berkurang. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui tingkat herbivori daun Avicennia marina dan Rhizophora mucronata berdasarkan spesies, umur daun dan tinggi pohon di Desa Kaliwlingi, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni–Desember 2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, sedangkan dalam penentuan lokasi pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive. Sampel daun dari spesies Avicennia marina dan Rhizophora mucronata diambil dari tiga kategori tinggi tanaman yang berbeda, yaitu: <1 m, 1–<3 m, dan 3–5 m, masing–masing sebanyak 10 pohon sebagai ulangan. Daun dipisahkan berdasarkan umur daun (muda dan tua) dan kondisi daun (utuh dan tua). Total daun yang diambil masing– masing 10% dari setiap pohon. Hasil penelitian menunjukkan rerata nilai setiap spesies, umur daun dan tinggi pohon didapatkan tingkat herbivori pada A. marina yaitu 7,36% kisaran (0,10%-29,36%) sampai dengan 13,26% kisaran (0,06%-48,46%) sedangkan pada R. mucronata yaitu 5,93% kisaran (0,23%-21,59%) sampai dengan 19,69% kisaran (1,10%-47,06%).

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > Q Science (General)
Divisions:Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Marine Science
ID Code:77186
Deposited By:Pancasila Wati FPIK
Deposited On:21 Oct 2019 08:34
Last Modified:21 Oct 2019 08:34

Repository Staff Only: item control page