STUDI REKRUITMENT KARANG KERAS (SCLERACTINIA) PADA SUBSTRAT TERUMBU BUATAN ARTIFICIAL PATCH REEF (APR) DI PULAU PANJANG, JEPARA PADA MUSIM BARAT-PERALIHAN

EUNIKE , DOROTHEA HUTAPEA (2019) STUDI REKRUITMENT KARANG KERAS (SCLERACTINIA) PADA SUBSTRAT TERUMBU BUATAN ARTIFICIAL PATCH REEF (APR) DI PULAU PANJANG, JEPARA PADA MUSIM BARAT-PERALIHAN. Undergraduate thesis, Faculty of Fisheries and Marine Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
692Kb

Abstract

Ekosistem terumbu karang merupakan bagian dari ekosistem laut yang menjadi tempat kehidupan bagi beraneka ragam biota laut. Namun sungguh sangat disayangkan bahwa kondisi terumbu karang yang ada di dunia, terutama yang ada di Indonesia telah mengalami kerusakan yang cukup menghawatirkan. Di Jepara terutama pada wilayah perairan Pulau Panjang memiliki kondisi ekosistem terumbu karang yang cenderung mengalami penurunan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk memperbaiki kondisi ekosistem terumbu karang di Pulau Panjang yaitu dengan menyediakan media untuk terjadinya rekruitmen karang. Media yang digunakan adalah APR (Artificial Patch Reef) yang materi penyusunnya adalah beton. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengamati jumlah rekruitmen karang yang menempel pada APR (Artificial Patch Reef) dan diidentifikasi pada tingkat genus sebagai indikator keberhasilan rehabilitasi terumbu karang yang ada di Taman Kecil Pulau Panjang. Penelitian dilaksanakan pada musim barat hingga memasuki musim peralihan. Penelitian dilaksanakan selama kurun waktu Januari–April 2019 di periran Pulau Panjang dengan menggunakan 2 buah APR, yaitu APR 2017 dan APR 2018. Hasil menunjukan ada pertambahan jumlah rekruitmen karang pada APR. Genus yang ditemukan terdiri dari Oulastrea sp, Pocillopora sp, Goniastrea sp, Porites sp, dan Caulastrea sp. Jumlah rekruitmen yang menempel pada APR 2017 ditemukan sebanyak: 256 rekrut Oulastrea sp, 23 rekrut Pocillopora sp, 28 rekrut Goniastrea sp, dan 81 rekrut Porites sp. Pada APR 2018 ditemukan sebanyak: 211 rekrut Oulastrea sp, 10 rekrut Pocillopora sp, 18 rekrut Goniastrea sp, 73 rekrut Porites sp, dan 3 rekrut Caulastrea sp.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > Q Science (General)
Divisions:Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Marine Science
ID Code:77185
Deposited By:Pancasila Wati FPIK
Deposited On:21 Oct 2019 10:37
Last Modified:21 Oct 2019 10:37

Repository Staff Only: item control page