ANALISIS DISTRIBUSI UKURAN DAN TINGKAT KEMATANGAN GONAD RAJUNGAN (Portunus pelagicus) DI PERAIRAN GEGUNUNG WETAN REMBANG

DINA , AYU MAGFIRANI (2019) ANALISIS DISTRIBUSI UKURAN DAN TINGKAT KEMATANGAN GONAD RAJUNGAN (Portunus pelagicus) DI PERAIRAN GEGUNUNG WETAN REMBANG. Undergraduate thesis, Faculty of Fisheries and Marine Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
1076Kb

Abstract

Rajungan merupakan komoditas perikanan bernilai ekonomis penting dan memiliki nilai komersial yang cukup tinggi. Sebagian besar rajungan hasil tangkapan di Perairan Gegunung Wetan dikirim untuk di ekspor ke luar negeri. Tingginya permintaan pasar terhadap komoditas perikanan rajungan memicu eksploitasi yang berlebihan sehingga dapat berdampak terhadap kelestarian sumber daya rajungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui distribusi ukuran, hubungan lebar dan berat, distribusi TKG, serta nisbah kelamin rajungan (P. pelagicus) di Perairan Gegunung Wetan, Rembang. Informasi ini dapat dijadikan sebagai alat dasar untuk strategi dalam perencanaan budidaya dan dasar pengelolaan konservasi rajungan di Perairan Gegunung Wetan, Rembang. Penelitian ini terdiri dari pengukuran panjang dan lebar karapas rajungan, pengamatan tingkat kematangan gonad rajungan betina, serta pengamatan kualitas air (salinitas, suhu, pH, kedalaman dan kecerahan,) pada lokasi penangkapan rajungan yang dilaksanakan pada tanggal 21 Maret – 19 April 2019 di Perairan Gegunung Wetan, Rembang. Hasil dari penelitian ini menujukkan dari 3000 ekor rajungan yang diamati diketahui distribusi lebar karapas rajungan berkisar antara 7,3 – 16 cm dan kisaran berat sebesar 47 – 262 gram. Rajungan yang tertangkap di Perairan Gegunung Wetan, Rembang memiliki pertumbuhan yang bersifat allometrik negatif, dengan nilai b sebesar 2,12 pada rajungan jantan, 1,65 pada rajungan betina, sehingga diketahui pertumbuhan lebar karapas lebih cepat dibandingkan berat rajungan. Faktor kondisi 1,1 pada jantan dan 1,02 pada betina. Sedangkan distribusi tingkat kematangan gonad rajungan betina adalah 762 ekor pada TKG 1; 700 ekor pada TKG 2; serta 388 ekor pada TKG 3.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > Q Science (General)
Divisions:Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Marine Science
ID Code:77182
Deposited By:Pancasila Wati FPIK
Deposited On:21 Oct 2019 08:35
Last Modified:21 Oct 2019 08:35

Repository Staff Only: item control page