ISOLASI DAN KARAKTERISASI BAKTERI PENDEGRADASI DIAZINON DARI KARANG Porites sp. DAN Galaxea sp. SEBAGAI UPAYA BIOREMEDIASI DI PERAIRAN TELUK AWUR JEPARA

BRIGASSA , DHAMMANIKA (2019) ISOLASI DAN KARAKTERISASI BAKTERI PENDEGRADASI DIAZINON DARI KARANG Porites sp. DAN Galaxea sp. SEBAGAI UPAYA BIOREMEDIASI DI PERAIRAN TELUK AWUR JEPARA. Undergraduate thesis, Faculty of Fisheries and Marine Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
482Kb

Abstract

Terumbu karang merupakan ekosistem perairan yang khas di perairan tropis dan memiliki produktivitas serta keanekaragaman biota yang tinggi. Ekosistem terumbu karang memiliki peranan penting bagi kehidupan ekologi perairan terutama sebagai penyedia nutrien bagi habitat yang berada di sekitarnya. Kerusakan terumbu karang merupakan permasalahan yang serius di dunia laut saat ini. Kerusakan terumbu karang disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya penggunaan pestisida di bidang pertanian. Salah satu jenis pestisida yang sering digunakan para petani yaitu pestisida diazinon. Penggunaan pestisida diazinon di sektor akan meninggalkan residu dan terbawa ke perairan melalui sungai dan saluran air. Residu pestisida diazinon dapat menyebabkan kerusakan ekosistem terumbu karang. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui potensi degradasi pestisida diazinon dari bakteri yang diisolasi dari karang Porites sp. dan Galaxea sp. dari Perairan Teluk Awur, Jepara. Pengambilan sampel dilakukan pada tanggal 9 Desember 2018 di Perairan Teluk Awur, Jepara dengan menyelam menggunakan SCUBA di kedalaman perairan sekitar 2-4 m. Sampel karang yang diperoleh kemudian dihaluskan dan dilakukan pengenceran secara bertahap, kemudian diinokulasi di media agar laut zobell 2216E menggunakan teknik sebaran. Skrining resistensi bakteri dilakukan dengan membuat kurva absorbansi pestisida, uji kualitatif bakteri pendegradasi pestisida dan diakhiri dengan uji kuantitatif bekteri pendegradasi pestisida. Tahapan penelitian kemudian dilanjutkan dengan pewarnaan gram, uji biokimia dan studi molekuler yang meliputi (ekstraksi DNA, elektroforesis, PCR menggunakan gen 16S rDNA dengan primer 27F dan 1492R, dan analisis filogenetik untuk bakteri). Hasil penelitian yaitu didapatkan sebanyak 14 isolat bakteri yang berasosiasi dengan karang Porites sp. dan Galaxea sp. Isolat bakteri yang dapat mendegradasi pestisida diazinon terbaik yaitu isolat PTA 5 dengan persentase degradasi sebesar 54,18%. Isolat PTA 5 termasuk dalam bakteri gram negatif dan hasil uji biokimia menunjukkan isolat PTA memiliki kemiripan karakter dengan genus Vibrio sp. Metode sekuensing dari identifikasi molekuler menunjukkan isolat bakteri PTA 5 memiliki hubungan genetik paling dekat dengan Vibrio alginolyticus yang menunjukkan homologi hingga 99%. Hasil ini menunjukkan terdapat bakteri yang berasosiasi dengan karang Porites sp. dan Galaxea sp. yang dapat mendegradasi pestisida diazinon.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > Q Science (General)
Divisions:Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Marine Science
ID Code:77179
Deposited By:Pancasila Wati FPIK
Deposited On:21 Oct 2019 08:37
Last Modified:21 Oct 2019 08:37

Repository Staff Only: item control page