STUDI PERTUMBUHAN FRAGMEN KARANG Acropora muricata DAN Acropora aspera PADA ARTIFICIAL PATCH REEF DI PERAIRAN PULAU PANJANG, JEPARA

AZELIA, NUR ASSYIFA (2019) STUDI PERTUMBUHAN FRAGMEN KARANG Acropora muricata DAN Acropora aspera PADA ARTIFICIAL PATCH REEF DI PERAIRAN PULAU PANJANG, JEPARA. Undergraduate thesis, Faculty of Fisheries and Marine Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
576Kb

Abstract

Pemulihan kondisi terumbu karang secara alami membutuhkan waktu yang cukup lama, sehingga perlu sebuah kegiatan ataupun proses untuk menanganinya. Salah satu teknik atau upaya yang dapat dilakukan untuk menanggulangani kerusakan terumbu karang adalah dengan pembuatan terumbu buatan ( Artificial reef ) dan transplantasi karang atau kombinasi keduanya. Untuk memulihkan kondisi terumbu karang yang rusak, maka dilakukan penelitian mengenai transplantasi dengan jenis karang dan posisi penanaman yang berbeda pada Artificial Patch Reef (APR) di Pulau Panjang. Metode pemasangan fragmen karang dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan posisi fragmen secara horizontal dan secara vertikal pada setiap jenis karang. Fragmen karang ditanam pada 3 strata pada APR. Pada awal pendataan, fragmen karang yang telah selesai ditransplantasi diukur panjangnya. Untuk pengukuran berikutnya dilaksanakan tiap 1 bulan sekali selama 4 bulan bersamaan dengan pengamatan berapa jumlah karang yang mati, hilang, dan mengalami pemutihan. Karang yang akan ditransplantasikan diambil dari perairan Pulau Panjang Jepara dengan jenis Acropora aspera dan Acropora muricata. Hasil laju pertumbuhan fragmen karang transplantasi dengan nilai tertinggi pada akhir penelitian terdapat pada jenis karang Acropora muricata, posisi vertikal dengan nilai 1,18 cm/bulan. Uji F dilakukan untuk melihat faktor yang berpengaruh dalam laju pertumbuhan karang, faktor yang sangat berpengaruh terhadap laju pertumbuhan karang adalah jenis karang. Yaitu dengan nilai signifikasi sebesar ,031.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > Q Science (General)
Divisions:Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Marine Science
ID Code:77172
Deposited By:Pancasila Wati FPIK
Deposited On:21 Oct 2019 08:39
Last Modified:21 Oct 2019 08:39

Repository Staff Only: item control page