ANALISIS PERTUMBUHAN, MORTALITAS DAN TINGKAT EKSPLOITASI KEPITING BAKAU (Scylla serrata) DI PERAIRAN MANGKANG WETAN TUGU KOTA SEMARANG

ARUMNING , TIAS FAUZIAH (2019) ANALISIS PERTUMBUHAN, MORTALITAS DAN TINGKAT EKSPLOITASI KEPITING BAKAU (Scylla serrata) DI PERAIRAN MANGKANG WETAN TUGU KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Faculty of Fisheries and Marine Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
778Kb

Abstract

Upaya pengelolaan penangkapan Kepiting Bakau (Scylla serrata) perlu dilakukan, salah satunya dengan studi pertumbuhan yang dapat digunakan sebagai acuan untuk mengetahui kondisi populasi Kepiting Bakau. Permintaan yang meningkat baik untuk kebutuhan dalam negeri maupun ekspor mendorong nelayan untuk melakukan penangkapan berlebihan (over exploitation) yang mempengaruhi penurunan populasi Kepiting Bakau di alam. Tujuan penelitian ini adalah untuk menduga laju pertumbuhan, mortalitas, serta eksploitasi Kepiting Bakau jantan dan betina. Materi yang digunakan pada penelitian ini adalah sampel Kepiting Bakau yang diambil nelayan pada perairan Mangkang Wetan Tugu Kota Semarang dari bulan Oktober 2018 hingga Januari 2019. Metode yang digunakan adalah metode survei, Kepiting Bakau diambil seminggu sekali, selama 4 bulan. Data yang didapat berupa data berat kepiting dan lebar karapas kepiting. Laju pertumbuhan S. serrata sebesar 0,93/tahun (jantan) dan 0,69/tahun (betina). Laju mortalitas alami S. serrata sebesar sebesar 1,08/tahun (jantan) dan 0,89/tahun (betina), mortalitas karena penangkapan (F) sebesar 0,55/tahun (jantan) dan 1,09/tahun (betina). Laju eksploitasi S. serrata jantan mencapai 0,34 atau sebesar 34%, sedangkan laju eksploitasi S. serrata betina sebesar 0,55 atau 55%. Eksploitasi S. serrata betina menunjukkan bahwa telah terjadi over exploitation.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > Q Science (General)
Divisions:Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Marine Science
ID Code:77170
Deposited By:Pancasila Wati FPIK
Deposited On:21 Oct 2019 08:39
Last Modified:21 Oct 2019 08:39

Repository Staff Only: item control page