KAJIAN STRUKTUR KOMPOSISI DAN TUTUPAN KANOPI MANGROVE DENGAN METODE HEMISPHERICAL PHOTOGRAPHY DI DESA KALIWLINGI DAN SAWOJAJAR, KABUPATEN BREBES, JAWA TENGAH

ARISKA, FAJAR NINGRUM (2019) KAJIAN STRUKTUR KOMPOSISI DAN TUTUPAN KANOPI MANGROVE DENGAN METODE HEMISPHERICAL PHOTOGRAPHY DI DESA KALIWLINGI DAN SAWOJAJAR, KABUPATEN BREBES, JAWA TENGAH. Undergraduate thesis, Faculty of Fisheries and Marine Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
907Kb

Abstract

Vegetasi mangrove merupakan komunitas tumbuhan yang tumbuh di zona pasang surut di sepanjang garis pantai dan dipengaruhi oleh kualitas lingkungan. Pemanfaatan hutan mangrove dilakukan secara berlebihan seperti pengambilan kayu secara liar untuk dijual dan pembukaan areal mangrove, akan berdampak pada kondisi hutan mangrove yang semakin menurun kualitasnya. Pelaksanaan rehabilitasi yang dilakukan pada waktu, tempat dan jenis mangrove yang berbeda memiliki struktur komposisi dan tutupan kanopi mangrove yang berbeda pula. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui struktur komposisi dan tutupan kanopi mangrove dengan menggunakan metode Hemispherical Photography yang ada di Desa Kaliwlingi dan Sawojajar, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Penelitian ini dilakukan pada Bulan Juni 2018 – Desember 2018. Penelitian dilakukan di Desa Kaliwlingi dan Sawojajar dengan masing – masing terdapat 3 staiun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskreptif, sedangkan dalam penentuan titik lokasi pengambilan sampel vegetasi mangrove dilakukan dengan metode purposive sampling. Setiap individu pohon (tree) dengan ukuran transek 10 m x 10 m dan subplot anakan (sapling) 5 m x 5 m diidentifikasi dan diukur diameternya, sedangkan semai (seedling) 1 m x 1m dihitung jumlah masing – masing spesies dan persentase penutupannya. Tutupan kanopi pohon dianalisis menggunakan metode Hemispherical Photography yang merupakan suatu metode fotografi yang digunakan untuk menghitung luasan tutupan kanopi pohon menggunakan kamera dari bawah pohon. Tutupan kanopi pohon dihitung luasan dari dua warna kontras berbeda antara warna hitam yang menujukkan daun dan putih menunjukkan langit. Hasil dari penelitian ini ditemukan 3 spesies mangrove dan 8 spesies terdapat diluar plot pengambilan sampel. Spesies yang ditemukan pada lokasi penelitian Avicennia marina, Avicennia aba dan Rhizophora mucronata . Desa Kaliwlingi dan Sawojajar didominansi Avicennia marina. Kerapatan pada kategori pohon didapatkan rata – rata 2811 ind/ha, anakan 863 ind/ha dan semai 105833 ind/ha. Indeks Keanekaragaman (H’) dan Keseragaman (J’) mangrove di Desa Kaliwlingi dan Sawojajar termasuk dalam kategori rendah. Hasil tutupan kanopi berkisar 63,05±7,10 – 84,63±2,76. Persentase tutupan padat lebih mendominasi pada lokasi penelitian.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > Q Science (General)
Divisions:Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Marine Science
ID Code:77169
Deposited By:Pancasila Wati FPIK
Deposited On:21 Oct 2019 10:14
Last Modified:21 Oct 2019 10:14

Repository Staff Only: item control page