TINGKAT PENCEMARAN BERDASARKAN INDEKS SAPROBIK DAN STRUKTUR KOMUNITAS FITOPLANKTON DI PERAIRAN PANTAI UJUNGNEGORO, KABUPATEN BATANG, JAWA TENGAH

AISYAH , DEVY PURWANINGTYAS (2019) TINGKAT PENCEMARAN BERDASARKAN INDEKS SAPROBIK DAN STRUKTUR KOMUNITAS FITOPLANKTON DI PERAIRAN PANTAI UJUNGNEGORO, KABUPATEN BATANG, JAWA TENGAH. Undergraduate thesis, Faculty of Fisheries and Marine Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
937Kb

Abstract

Perairan Pantai Ujungnegoro merupakan kawasan konservasi yang harus dilindungi, dilestarikan dan dimanfaatkan. Aktivitas manusia yang meningkat dapat menghasilkan limbah dalam jumlah besar yang dapat mencemari dan mempengaruhi kualitas lingkungan perairan. Fitoplankton merupakan organisme perairan yang keberadaannya dapat dijadikan sebagai indikator kualitas perairan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pencemaran di Perairan Pantai Ujungnegoro Kabupaten Batang, Jawa Tengah berdasarkan indeks saprobik dan struktur komunitas fitoplankton. Penelitian ini dilakukan pada Oktober -Desember 2018. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan sebanyak tiga kali dengan interval dua minggu sekali di tiga stasiun, masing – masing stasiun dilakukan pengambilan sampel sebanyak tiga kali. Stasiun 1 merupakan lokasi pembangunan PLTU, stasiun 2 merupakan lokasi wisata dan stasiun 3 berada di dekat Muara Kalisono. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 29 genera fitoplankton dari 2 kelas, yaitu 25 genera dari kelas Bacillariophyceae dan 4 genera dari kelas Dinophyceae dengan indeks keanekaragaman sedang (H '= 1,28 – 1,88). Indeks keseragaman sedang sampai tinggi (E= 0,44 - 0,71), indeks dominansi termasuk dalam kategori tidak ada jenis yang mendominasi dengan nilai indeks yang berkisar antara 0,23 – 0,43. Berdasarkan nilai indeks saprobik, Perairan Pantai Ujungnegoro tercemar sedang sampai berat (α-mesosaprobik) dengan nilai (-0,92) - (-0,45).

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > Q Science (General)
Divisions:Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Marine Science
ID Code:77159
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:21 Oct 2019 10:18
Last Modified:21 Oct 2019 10:18

Repository Staff Only: item control page