ANALISA KINERJA ALAT PLATE AND FRAME FILTER PRESS PADA PROSES FILTRASI KOPI LAMPUNG BERDASARKAN PERBEDAAN KONSENTRASI (Analysis Performance Plate and Frame Filter Press of Lampung Coffee Filtration on the Difference of Concentration)

HANUM, LATIFAH (2019) ANALISA KINERJA ALAT PLATE AND FRAME FILTER PRESS PADA PROSES FILTRASI KOPI LAMPUNG BERDASARKAN PERBEDAAN KONSENTRASI (Analysis Performance Plate and Frame Filter Press of Lampung Coffee Filtration on the Difference of Concentration). Undergraduate thesis, undip vokasi.

[img]PDF (LAPORAN TUGAS AKHIR)
Restricted to Repository staff only

1310Kb

Abstract

Indonesia merupakan Negara agraris yang kaya akan sumber pangan baik di sector pertanian maupun perkebunan. Kopi merupakan komoditas perkebunan yang memegang peranan penting dalam perekonomian Indonesia. Pada tahun 2016 produksi kopi di Indonesia yaitu 639.305 ton, sedangkan produksi kopi di Lampung mencapai 110.354 ton. Pada penelitian ini kopi Lampung di filtrasi dengan menggunakan alat filtrasi bertipe plate and frame filter press untuk dianalisa hasil cake dan filtratnya. Filtrasi adalah proses penyaringan untuk menghilangkan zat padat tersuspensi dari air melalui media berpori yang akan menghasilkan cake. Solvent yang digunakan adalah air.. Tujuan kegiatan Tugas Akhir ini adalah mengetahui uji kinerja alat filtrasi plate and frame dengan melihat hasil analisa dari cake dan filtrat yang diperoleh. Variable yang digunakan adalah pengaruh konsentrasi kopi Lampung dengan waktu filtrasi yang tetap. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan 2 variabel massa yaitu 1000 gr kopi Lampung dan 500 gr kopi Lampung dengan solvent sebanyak 40L. Hasil yang diperoleh dari valve I sampai V menunjukkan bahwa nilai tahanan cake (α) dan nilai tahanan medium filter (Rm) yang didapat dari masing-masing valve keluaran semakin naik. Dari semua hasil yang ada, efisiensi hasil yang paling baik dari nilai tahanan cake (α), nilai tahanan medium filter (Rm), maupun nilai kadar air yaitu variable I valve keluaran V, hal ini karena nilai tahanan cake (α) dan nilai tahanan medium filter (Rm) paling tinggi yaitu α = 3,7 x 10 7 m/kg dan Rm = 1,34 x 10 11 m -1 , sedangkan untuk nilai cake yang dihasilkan semakin menurun, karena sebagian cake telah tersaring pada plate sebelumnya, dengan nilai cake basah dan kering terbesar yaitu pada variable I sebesar 332,58 gr dan 299,94 gr. Efisiensi yang baik menjadi patokan kinerja alat filtrasi, dimana semakin tinggi nilai efisiensi maka semakin baik kinerja alat. Kata kunci : Cake, Valve keluaran, Fitrasi,Kopi

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TP Chemical technology
Divisions:Faculty of Engineering > Diploma in Chemical Engineering
Faculty of Engineering > Diploma in Chemical Engineering
ID Code:77154
Deposited By:Ms Siti Sundari Vokasi
Deposited On:02 Oct 2019 09:52
Last Modified:02 Oct 2019 09:52

Repository Staff Only: item control page