APLIKASI REAL-TIME IMAGE PROCESSING UNTUK MENGUKUR TINGKAT KESEGARAN IKAN MAS (Cyprinus carpio) BERDASARKAN PERUBAHAN WARNA PADA MATA DAN INSANG

MUHAMMAD , BACHRUN ALIM (2019) APLIKASI REAL-TIME IMAGE PROCESSING UNTUK MENGUKUR TINGKAT KESEGARAN IKAN MAS (Cyprinus carpio) BERDASARKAN PERUBAHAN WARNA PADA MATA DAN INSANG. Undergraduate thesis, Faculty of Fisheries and Marine Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
579Kb

Abstract

Kesegaran ikan umumnya diuji menggunakan uji sensori, pH, TVBN, kvalue, dan TPC. Akan tetapi, uji tersebut memiliki kelemahan diantaranya bersifat destructive, mahal, butuh waktu lama, serta beresiko terhadap human error. Seiring berkembangnya teknologi ditemukan suatu metode yang dapat menjawab permasalahan tersebut melalui profil perubahan warna pada sampel dan dianalisis secara digital terhadap model warna yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kesegaran ikan mas selama 15 jam perlakuan suhu ruang sekitar 28 o C dan suhu rendah sekitar 5 o C yang diuji secara destructive dan non-destructive menggunakan real-time image processing model warna HSV dan L*a*b. Berdasarkan pengujian yang dilakukan menunjukkan adanya pola perubahan nilai pada uji kesegaran ikan dan uji perubahan warna. Pada uji TVBN dan TPC didapatkan pola naik, dimana nilai TVBN dan TPC akan semakin bertambah selama penyimpanan. pH dan organoleptik didapatkan pola turun, dimana nilai pH dan organoleptik semakin turun selama penyimpanan. Pola yang terbaca untuk perubahan warna yang terjadi pada mata yaitu model warna value dan L mata mengalami pola naik, sedangkan model warna hue, saturation, value, *a dan *b pada insang menunjukkan pola menurun. Pola penurunan perubahan warna yang terjadi pada suhu ruang lebih terlihat daripada suhu rendah. Model warna yang dapat digunakan untuk mengukur kesegaran ikan adalah *a untuk insang, serta value untuk mata.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > Q Science (General)
Divisions:Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Fisheries
ID Code:77096
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:21 Oct 2019 10:55
Last Modified:21 Oct 2019 10:55

Repository Staff Only: item control page