Pengaruh Perbedaan Konsentrasi Gula Merah terhadap Karakteristik dan Nilai Organoleptik Abon Ikan Nila (Oreochromis niloticus)

Ariffany Nanda, Putri Arsanti (2019) Pengaruh Perbedaan Konsentrasi Gula Merah terhadap Karakteristik dan Nilai Organoleptik Abon Ikan Nila (Oreochromis niloticus). Undergraduate thesis, Faculty of Fisheries and Marine Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
701Kb

Abstract

Ikan nila merupakan jenis ikan air tawar yang lezat dan kaya akan gizi seperti protein 18% dan lemak 1,3%. Pengolahan abon nila dengan penambahan gula merah menyebabkan berwarna cokelat dengan tekstur serat yang halus dan kering serta memiliki rasa yang manis. Tujuan penambahan gula merah pada abon yaitu untuk mengetahui pengaruh penambahan gula merah terhadap karakteristik abon ikan nila dan menentukan konsentrasi terbaik gula merah dalam abon ikan nila. Metode penelitian ini adalah experimental laboratories dilakukan penambahan konsentrasi gula merah yang berbeda yaitu 20%, 25%, 30% dan abon nila kontrol kemudian dilakukan analisa proksimat (kadar air, protein, lemak, kadar abu, warna) dan organoleptik. Hasil penelitian menunjukkan terjadi perubahan nilai disetiap parameter uji. Hasil uji yang berbeda nyata yaitu protein, warna L* (kecerahan), warna b* (kuning), sedangkan yang tidak berpengaruh adalah lemak, kadar air, abu, dan warna a* (merah). Hasil organoleptik terbaik yaitu abon nila dengan gula merah 30% yaitu 8,20 < µ < 8,43 yang dinyatakan layak dikonsumsi.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > Q Science (General)
Divisions:Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Fisheries
ID Code:77066
Deposited By:Pancasila Wati FPIK
Deposited On:21 Oct 2019 11:40
Last Modified:21 Oct 2019 11:40

Repository Staff Only: item control page