KAJIAN EFEK PENGAWET ALAMI ASAP CAIR ECENG GONDOK (Eichhornia crassipes) REDESTILASI PADA PINDANG IKAN BANDENG (Chanos chanos) SELAMA PENYIMPANAN SUHU RUANG

ADAM , FAUZAN A’LAUNA (2019) KAJIAN EFEK PENGAWET ALAMI ASAP CAIR ECENG GONDOK (Eichhornia crassipes) REDESTILASI PADA PINDANG IKAN BANDENG (Chanos chanos) SELAMA PENYIMPANAN SUHU RUANG. Undergraduate thesis, Faculty of Fisheries and Marine Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
1262Kb

Abstract

Pindang ikan bandeng memiliki daya simpan yang pendek. Salah satu penyebabnya yaitu karena kerusakan yang disebabkan oleh mikroorganisme dalam ikan pindang. Asap cair eceng gondok dapat digunakan untuk menghambat kerusakan dan meningkatkan umur simpan ikan pindang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan asap cair eceng gondok redestilasi terhadap karakteristik pindang ikan bandeng. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pindang ikan bandeng dan asap cair eceng gondok redestilasi. Metode penelitian yang digunakan adalah experimental laboratories Rancangan Acak Kelompok (RAK) Faktorial. Perlakuan yang diterapkan penambahan asap cair (0 dan 2%) dan lama penyimpanan (hari ke-0, 2, dan 4). Data uji TPC, sensori, kadar fenol, kadar protein, kadar air, dan pH dianalisis menggunakan uji ANOVA dan dilakukan uji BNJ apabila ada interaksi antara penambahan asap cair dan lama penyimpanan. Data uji organoleptik atau sensori diuji dengan Kruskal Wallis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa asap cair eceng gondok memberikan pengaruh nyata (P<0,05) terhadap pengujian. Kadar fenol asap cair eceng gondok sebesar 0,29%. Pindang ikan bandeng dengan perendaman asap cair eceng gondok redestilasi (2%) dan lama waktu penyimpanan 4 hari memiliki nilai TPC 2,63x10 4 Cfu/g s.d. 1,42x10 5 Cfu/g; kadar fenol 3456 ppm s.d. 1153 ppm; kadar air antara 55,33% s.d. 64,57%; kadar protein 29,77% s.d. 24,61%; dan pH 5,60 s.d. 6,90. Umur simpan pindang ikan bandeng yang ditambahkan asap cair eceng gondok redestilasi masih diterima hingga hari ke-2, sedangkan tanpa penambahan asap cair sudah tidak diterima. Perendaman menggunakan asap eceng gondok redestilasi pada pindang ikan bandeng mampu meningkatkan umur simpan pada suhu ruang.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > Q Science (General)
Divisions:Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Fisheries
ID Code:77053
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:21 Oct 2019 11:44
Last Modified:21 Oct 2019 11:44

Repository Staff Only: item control page