ANALISIS STANDAR TEMPAT PELELANGAN IKAN (TPI) BERDASARKAN KEPMEN-KP NOMOR 52 A TAHUN 2013 (STUDI KASUS: PPN PENGAMBENGAN BALI)

ZAHROTUL , UMMA (2019) ANALISIS STANDAR TEMPAT PELELANGAN IKAN (TPI) BERDASARKAN KEPMEN-KP NOMOR 52 A TAHUN 2013 (STUDI KASUS: PPN PENGAMBENGAN BALI). Undergraduate thesis, Faculty of Fisheries and Marine Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
285Kb

Abstract

Pelabuhan Perikanan Nusantara Pengambengan memiliki peran strategis dalam pengembangan sektor perikanan dan kelautan. Salah satu tujuan utama pengembangan perikanan adalah untuk meningkatkan produksi dan kualitas hasil tangkapan. Pengembangan perikanan dapat berjalan dengan baik apabila Tempat Pelelangan Ikan (TPI) memiliki fasilitas dan sistem kerja yang sesuai dengan peraturan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sarana dan prasarana, menganalisa kesesuaian TPI di Kabupaten Jembrana berdasarkan Keputusan Menteri Kelautan Perikanan Nomor 52 A Tahun 2013. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari 2019. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif pendekatan studi kasus. Metode yang digunakan untuk menganalisis kesesuaian TPI menggunakan analisis skala likert untuk memberikan penilaian perbandingan terhadap kriteria-kriteria penentu lokasi Tempat Pelelangan Ikan di Kabupaten Jembrana. Teknik analisis ini digunakan untuk menilai tingkat keunggulan atau kondisi yang ideal dari suatu lokasi. Pemberian skor disesuaikan dengan kondisi terbaru yang ada di lokasi studi yaitu skor 1, apabila kondisi yang ada tidak sesuai dengan standar; skor 2, apabila kondisi yang ada kurang sesuai dengan standar; sedangkan skor 3, apabila kondisi yang ada cukup sesuai dengan standar dan skor 4, apabila kondisi yang ada sesuai dengan standar yang telah ditentukan dalam peraturan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa identifikasi sarana dan prasarana di TPI Pengambengan dapat dikategorikan cukup sesuai peraturan yang berlaku dengan skor 884 dari jumlah skor kriterium 1320.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > Q Science (General)
Divisions:Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Fisheries
ID Code:77048
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:21 Oct 2019 11:44
Last Modified:21 Oct 2019 11:44

Repository Staff Only: item control page