ANALISIS HUBUNGAN PARAMETER SUHU PERMUKAAN LAUT DAN KLOROFIL-A MENGGUNAKAN CITRA SATELIT AQUA MODIS UNTUK PENDUGAAN DPI IKAN TERI (Stolephorus sp.) DI PERAIRAN KEPULAUAN KARIMUNJAWA, JEPARA

YOGA , DJALU AJI (2019) ANALISIS HUBUNGAN PARAMETER SUHU PERMUKAAN LAUT DAN KLOROFIL-A MENGGUNAKAN CITRA SATELIT AQUA MODIS UNTUK PENDUGAAN DPI IKAN TERI (Stolephorus sp.) DI PERAIRAN KEPULAUAN KARIMUNJAWA, JEPARA. Undergraduate thesis, Faculty of Fisheries and Marine Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
837Kb

Abstract

Suhu permukaan laut dan klorofil-a dapat diimplementasikan untuk memprediksi daerah penangkapan ikan. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian tentang pengaruh faktor oseanografi terhadap hasil tangkapan nelayan di Kepulauan Karimunjawa. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan suhu permukaan laut dan klorofil-a terhadap hasil tangkapan ikan Teri (Stolephorus sp.) serta menentukan pendugaan potensi daerah penangkapan ikan. Metode penelitian ini adalah deskriptif dan analisis korelasi bivariat. Kapal yang digunakan adalah kapal Branjang dengan tangkapan utama ikan Teri (Stolephorus sp.). Pengambilan data dilakukan dengan cara insitu yaitu data spl dan hasil tangkapan ikan Teri dan eksitu yaitu data bulanan spl dan klorofil-a dari citra satelit Aqua MODIS bulan April 2015-2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa korelasi antara parameter klorofil-a dan hasil tangkapan berbanding lurus dengan nilai korelasi 0,91, artinya ketika klorofil-a tinggi maka hasil tangkapan mengalami peningkatan, sedangkan korelasi parameter suhu permukaan laut dengan hasil tangkapan ikan Teri berbanding terbalik dengan nilai -0,18. Artinya, apabila parameter suhu permukaan laut mengalami kenaikan, maka hasil tangkapan ikan Teri belum tentu mengalami kenaikan pula. Terdapat 3 lokasi yang diduga berpotensi sebagai daerah penangkapan ikan di Kepulauan Karimunjawa. Pertama pada koordinat 110°24'42,05"BT dan 5°51'36,785"LS, yang kedua pada 110°23'17,069"BT dan 5°51'3,341"LS, ketiga pada koordinat 110°24'15,185"BT dan 5°48'57,24"LS. Lokasi yang direkomendasikan menjadi daerah penangkapan Ikan Teri (Stolephorus sp.) berada pada lokasi kedua.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > Q Science (General)
Divisions:Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Fisheries
ID Code:77047
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:21 Oct 2019 11:45
Last Modified:21 Oct 2019 11:45

Repository Staff Only: item control page