ANALISIS TEKNIS DAN FINANSIAL USAHA PERIKANAN TANGKAP GILL NET DI PELABUHAN PERIKANAN NUSANTARA BRONDONG LAMONGAN JAWA TIMUR

VICKY , BAGUS RACHMAWAN (2019) ANALISIS TEKNIS DAN FINANSIAL USAHA PERIKANAN TANGKAP GILL NET DI PELABUHAN PERIKANAN NUSANTARA BRONDONG LAMONGAN JAWA TIMUR. Undergraduate thesis, Faculty of Fisheries and Marine Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
831Kb

Abstract

PPN Brondong yang terletak di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur merupakan salah satu pelabuhan di Jawa Timur dengan produksi perikanan yang cukup tinggi. Dari berbagai jenis alat tangkap yang digunakan di PPN Brondong, salah satunya adalah Gill net yang hasil tangkapannya terbilang produktif. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis aspek teknis dan aspek finansial. Produktifitas rata- rata satu unit perahu motor tempel dengan alat tangkap adalah 96 kg / trip. Metode penelitian ini adalah deskriptif dengan mengambil sampel secara sensus dengan 60 responden. Analisis teknis meliputi hanging ratio, shortening dan tinggi luas jaring. Berdasarkan analisis teknis dihasilkan nilai hanging ratio 0,46, shortening 54% tinggi jaring 442,032 cm dan luas jaring 153,36 m 2 . Analisis finansial usaha perikanan Gill net meliputi NPV, IRR, B / C ratio, BEP dan Payback Period (PP). Analisis finansial dan kelayakan usaha perikanan jaring insang di PPN Brondong diperoleh hasil sebagai berikut nilai NPV Rp.383.254.285.-, B / C Ratio 2,3 , IRR 58%, Payback Period 2,38 atau 2 tahun 4 bulan 17 hari, BEP dalam unit adalah 95 kg/trip. Kesimpulan yang didapat adalah secara teknis alat tangkap Gill net masih layak digunakan, sedangkan dari analisis finansial juga layak dan dapat dilanjutkan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > Q Science (General)
Divisions:Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Fisheries
ID Code:77046
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:21 Oct 2019 11:45
Last Modified:21 Oct 2019 11:45

Repository Staff Only: item control page