ANALISIS CPUE DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL TANGKAPAN IKAN TONGKOL (Euthynnus affinis) DI PPP TAMPERAN KABUPATEN PACITAN JAWA TIMUR

SITI, MURSANA (2019) ANALISIS CPUE DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL TANGKAPAN IKAN TONGKOL (Euthynnus affinis) DI PPP TAMPERAN KABUPATEN PACITAN JAWA TIMUR. Undergraduate thesis, Faculty of Fisheries and Marine Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
437Kb

Abstract

PPP Tamperan adalah pelabuhan perikanan pantai di Pacitan. Alat tangkap yang beroperasi di PPP Tamperan adalah purse seine, gill net, hand line, rawai dan lainnya. Salah satu hasil tangkapan yang didaratkan di PPP Tamperan adalah tongkol, selain tuna, cakalang, manyung, kembung dan ikan lainnya. Potensi ikan tongkol di pacitan sangat melimpah, hal ini dikarenakan migrasi ikan tongkol dari perairan selatan samudera hindia. Dalam penelitian ini, metode analisis yang digunakan adalah regresi sederhana, yaitu uji asumsi klasik, dan fungsi produksi cob-douglass. Ikan tongkol di PPP Tamperan di tangkap oleh tiga alat tangkap yaitu, purse seine, gill net dan hand line, maka sebelum menghitung CPUE harus dilakukan standarisasi alat tangkap. Alat tangkap yang standar adalah purse seine. Hasil pengolahan data didapatkan nilai CPUE sebesar 305,486819 menjadi 305 kg/trip dan dua faktor yang mempengaruhi hasil tangkapan ikan tongkol, yaitu immersing, daya mesin, dan yang tidak berpengaruh adalah bahan bakar (BBM), ukuran kapal (GT) dan lama trip. Hubungan antara faktor-faktor produksi dengan produksi unit purse seine, gill net dan hand line dapat dipresentasikan dengan model fungsi cob-douglass, yaitu : Ln Y = -0,830 X2 0,738 X3 1.859 . Terlihat elastisitas produksi dari penjumlah koefisien regresi (Σbi = 0.738 + 1.859 = 2,597 ). Elastisitas menunjukan nilai sebesar 2.515826 yang berarti setiap penambahan 1 % faktor-faktor produksi secara bersama-sama akan meningkatkan sebesar 2,597 %.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > Q Science (General)
Divisions:Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Fisheries
ID Code:77042
Deposited By:Pancasila Wati FPIK
Deposited On:21 Oct 2019 11:47
Last Modified:21 Oct 2019 11:47

Repository Staff Only: item control page