ANALISIS TINGKAT PEMANFAATAN DAN POLA MUSIM PENANGKAPAN IKAN TEMBANG (Sardinella sp.) DI PPN KARANGANTU SERANG PROVINSI BANTEN

NOVIYANTI , BR GINTING (2019) ANALISIS TINGKAT PEMANFAATAN DAN POLA MUSIM PENANGKAPAN IKAN TEMBANG (Sardinella sp.) DI PPN KARANGANTU SERANG PROVINSI BANTEN. Undergraduate thesis, Faculty of Fisheries and Marine Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
1741Kb

Abstract

Ikan Tembang (Sardinella sp.) merupakan salah satu sumberdaya ikan yang memiliki nilai ekonomis serta peranan penting dalam perikanan Indonesia. Tingginya permintaan pasar ikan Tembang sebesar 192.293 kg pada tahun 2018 karena harganya yang relatif rendah berkisar antara Rp. 3.500,-/kg dan mudah di tangkap oleh nelayan, dikhawatirkan akan menyebabkan terjadinya kelebihan tangkap. Untuk mencegah hal ini terjadi, maka diperlukan pengelolaan yang baik dan kesinambungan dengan informasi mengenai ikan ikan Tembang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat potensi lestari, tingkat pemanfaatan sumberdaya ikan Tembang dan untuk mengetahui pola musim penangkapan ikan yang didaratkan di PPN Karangantu. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode desktiptif yang bersifat studi kasus mengenai tingkat pemanfaatan dan pola musim penangkapan di PPN Karangantu. Hasil penelitian menunjukkan CPUE ikan Tembang (Sardinella sp.) tertinggi adalah alat tangkap bagan tancap dan digunakan sebagai alat tangkap standar. Nilai potensi maksimum lestari (MSY) sebesar 233.145,9634 kg/tahun dengan upaya penangkapan optimum (fopt) sebesar 4003 trip/tahun. Tingkat pemanfaataan ikan Tembang (Sardinella sp.) sebesar 113% berarti sudah melebihi batas jumlah yang boleh ditangkap (over fishing). Musim penangkapan ikan Tembang (Sardinella sp) yang baik di PPN Karangantu terdapat pada bulan November, Desember, Januari, Februari, April dan Mei dengan puncak musim penangkapan yaitu pada bulan April. Hal ini dikarenakan nilai Indeks musim penangkapan (IMP) di bulan tersebut diatas 100%.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > Q Science (General)
Divisions:Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Fisheries
ID Code:77036
Deposited By:Pancasila Wati FPIK
Deposited On:21 Oct 2019 11:50
Last Modified:21 Oct 2019 11:50

Repository Staff Only: item control page