PENGARUH SPEKTRUM WARNA JARING KRENDET DAN LAMA PERENDAMAN TERHADAP HASIL TANGKAPAN LOBSTER (Panulirus Sp.) DI PERAIRAN PACITAN, JAWA TIMUR

NIKHLATUL , MAULA (2019) PENGARUH SPEKTRUM WARNA JARING KRENDET DAN LAMA PERENDAMAN TERHADAP HASIL TANGKAPAN LOBSTER (Panulirus Sp.) DI PERAIRAN PACITAN, JAWA TIMUR. Undergraduate thesis, Faculty of Fisheries and Marine Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
425Kb

Abstract

Krendet merupakan alat tangkap pasif dan tergolong ke dalam perangkap untuk menangkap Lobster (Panulirus sp). Lobster merupakan salah satu target tangkapan utama nelayan di Kabupaten Pacitan, Lobster (Panulirus sp) sendiri merupakan spesies ekonomis penting dan menjadi komoditas ekspor. Penelitian tentang teknologi penangkapan Lobster (Panulirus sp) dengan modifikasi warna jaring krendet dan lama perendaman diperlukan untuk mengoptimalkan hasil tangkapan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perbedaan warna jaring krendet (biru, merah dan transparan) dan lama perendaman (12 jam dan 24 jam) terhadap hasil tangkapan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari-April 2019 di Perairan Tawang, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Pacitan dengan menggunakan metode experimental fishing dengan 6 kombinasi perlakuan dan 8 pengulangan. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan warna jaring krendet berpengaruh terhadap jumlah hasil tangkapan, dengan tangkapan tertinggi diperoleh oleh krendet dengan warna jaring biru. Hal ini dikarenakan warna biru cenderung sama dengan warna perairan, sehingga kehadiran alat tangkap tidak diketahui Lobster (Panulirus sp). Sedangkan lama perendaman yang cocok dilakukan yaitu selama 12 jam. Semakin lama alat tangkap direndam maka akan mempengaruhi kualitas umpan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > Q Science (General)
Divisions:Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Fisheries
ID Code:77035
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:21 Oct 2019 11:50
Last Modified:21 Oct 2019 11:50

Repository Staff Only: item control page