ANALISIS HASIL TANGKAPAN PER UPAYA PENANGKAPAN DAN POLA MUSIM PENANGKAPAN CUMI-CUMI (Loligo sp.) YANG DIDARATKAN DI PPN KARANGANTU, KOTA SERANG

NADYA , ISTANIA (2019) ANALISIS HASIL TANGKAPAN PER UPAYA PENANGKAPAN DAN POLA MUSIM PENANGKAPAN CUMI-CUMI (Loligo sp.) YANG DIDARATKAN DI PPN KARANGANTU, KOTA SERANG. Undergraduate thesis, Faculty of Fisheries and Marine Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
676Kb

Abstract

Cumi-cumi merupakan salah satu komoditas utama di PPN Karangangtu yang berekonomis tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil tangkapan per upaya penangkapan atau CPUE Cumi-Cumi, menganalisis potensi lestari serta tingkat pemanfaatan dan menganalisis pola musim penangkapan Cumi-cumi yang didaratkan di PPN Karangantu. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif dan sampel yang digunakan sebesar 42 sampel, metode sampling yaitu purposive sampling terdiri dari nelayan bagan perahu, dogol, payang, bagan tancap, sero dan pancing. Metode analisis yang digunakan meliputi analisis CPUE, standarisasi alat tangkap, MSY, tingkat pemanfaatan dan metode rata-rata bergerak. Hasil penelitian menunjukkan nilai hasil tangkapan per upaya penangkapan sumberdaya Cumi-cumi yang didaratkan di PPN Karangantu tahun 2014-2018 berfluktuasi dan trend CPUE meningkat dengan nilai rata-rata sebesar 87,56 kg/trip, diperoleh nilai CMSY sebesar 283.573 kg/tahun dan EMSY sebesar 4.110 trip/tahun. Tingkat pemanfaatan sudah melebihi CMSY dengan rata-rata 245.240 kg/trip dan tingkat pengupayaan masih dibawah EMSY dengan rata-rata 3.004 trip/tahun. Berdasarkan nilai IMP diketahui bahwa musim puncak penangkapan Cumi-cumi terjadi pada bulan April.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > Q Science (General)
ID Code:77034
Deposited By:Pancasila Wati FPIK
Deposited On:21 Oct 2019 11:51
Last Modified:21 Oct 2019 11:51

Repository Staff Only: item control page