ANALISIS TINGKAT KESEJAHTERAAN NELAYAN MULTIGEAR (JARING UDANG DAN JARING RAMPUS) DI KECAMATAN ROWOSARI, KABUPATEN KENDAL, JAWA TENGAH

KURNIAWAN , RAMADHAN (2019) ANALISIS TINGKAT KESEJAHTERAAN NELAYAN MULTIGEAR (JARING UDANG DAN JARING RAMPUS) DI KECAMATAN ROWOSARI, KABUPATEN KENDAL, JAWA TENGAH. Undergraduate thesis, Faculty of Fisheries and Marine Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
1004Kb

Abstract

Kecamatan Rowosari merupakan salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Kendal yang sebagian penduduknya bermata pencaharian sebagai nelayan, alat tangkap yang digunakan oleh nelayan kecamatan rowosari di dominasi oleh alat tangkap arad. Pada tahun 2015 Pemerintah Kabupaten Kendal melakukan revitalisasi alat tangkap arad menjadi alat tangkap jaring udang dan jaring rampus. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat kesejahteraan nelayan multigear (jaring udang dan jaring rampus), serta mengetahui kondisi sosial ekonomi nelayan multigear (jaring udang dan jaring rampus). Analsis tingkat kesejahteraan yang digunakan adalah BPS (2015) dan NTN (Nilai Tukar Nelayan). Jumlah responden yang diambil adalah 50 responden. Teknik pengambilan responden dengan menggunakan metode sensus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan metode wawancara dan observasi secara langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesejahteraan seluruh nelayan multigear (jaring udang dan jaring rampus) di Kecamatan Rowosari, Kabupaten Kendal dengan menggunakan indikator BPS memiliki interval 37 hingga 40 poin atau termasuk kesejahteraan tinggi. Sedangkan berdasarkan perhitungan NTN (Nilai Tukar Nelayan) memiliki dengan interval 1,56 hingga 2,28. Yang berarti seluruh responden nelayan memiliki skor NTN > 1, sehingga dapat disimpulkan bahwa seluruh responden nelayan berada pada tingkat kesejahteraan baik atau indeks yang diterima lebih besar daripada indeks yang dikeluarkan (surplus).

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > Q Science (General)
Divisions:Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Fisheries
ID Code:77028
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:21 Oct 2019 11:53
Last Modified:21 Oct 2019 11:53

Repository Staff Only: item control page