ANALISIS HUBUNGAN PARAMETER SPL DAN KLOROFIL-A MENGGUNAKAN SATELIT VIIRS UNTUK PENDUGAAN DPI IKAN TERI (Stolephorus sp.) DENGAN ALAT TANGKAP BRANJANG (Boat lift net) DI PERAIRAN KARIMUNJAWA JEPARA

RIFQI , RUDWI RAFIFTA (2019) ANALISIS HUBUNGAN PARAMETER SPL DAN KLOROFIL-A MENGGUNAKAN SATELIT VIIRS UNTUK PENDUGAAN DPI IKAN TERI (Stolephorus sp.) DENGAN ALAT TANGKAP BRANJANG (Boat lift net) DI PERAIRAN KARIMUNJAWA JEPARA. Undergraduate thesis, Faculty of Fisheries and Marine Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
891Kb

Abstract

Salah satu permasalahan yang dihadapi nelayan dalam operasi penangkapan ikan di perairan Kepulauan Karimunjawa Kabupaten Jepara, adalah terbatasnya informasi daerah penangkapan ikan (fishing ground). DPI dapat diduga salah satunya dengan melalui interpretasi citra satelit dengan pendekatan parameter SPL dan Klorofil-a. Tujuan penilitian ini adalah menganalisis, mengamati pola persebaran SPL dan Klorofil-a kemudian memetakan pendugaan DPI di perairan Karimunjawa,dengan menggunakan alat tangkap Branjang (boat lift net) di perairan Kepulauan Karimunjawa. Data primer yang diperoleh berupa suhu permukaan laut (SPL) didapatkan dari pengukuran di 8 titik pengambilan sampel, sedangkan data klorofil-a didapat dari data citra satelit VIIRS bulanan April 2019. Data SPL dan klorofil-a bulanan selama 5 tahun dari data citra satelit VIIRS dan data hasil tangkapan ikan yang didaratkan di PPN Karimunjawa, Jawa Tengah. Hasil penelitian menunjukan nilai kandungan konsentrasi klorofil-a tertinggi, pada bulan Arpil tahun 2019 sebesar 0.352 mg/m 3 dan konsentrasi klorofil terendah, tahun 2016 dengan nilai 0.145 mg/m 3 . Nilai SPL yang tertinggi pada bulan April tahun 2016 dengan nilai 29.94 dan data SPL paling rendah pada bulan April tahun 2017 dengan nilai 29.54. Hasil korelasi menunjukan hasil r = 0.904, data r² = 0.883 menunujukan adanya keeratan hubungan SPL, Klorofil-a dengan hasil tangkapan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > Q Science (General)
Divisions:Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Fisheries
ID Code:77026
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:21 Oct 2019 11:54
Last Modified:21 Oct 2019 11:54

Repository Staff Only: item control page