ANALISIS DAERAH POTENSI PENANGKAPAN IKAN PELAGIS DI LAUT JAWA MELALUI PENDEKATAN SPL DAN KLOROFIL-A PADA CITRA SATELIT AQUA MODIS

IRMA, DWI MAULINA (2019) ANALISIS DAERAH POTENSI PENANGKAPAN IKAN PELAGIS DI LAUT JAWA MELALUI PENDEKATAN SPL DAN KLOROFIL-A PADA CITRA SATELIT AQUA MODIS. Undergraduate thesis, Faculty of Fisheries and Marine Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
852Kb

Abstract

Laut Jawa merupakan perairan yang kaya akan potensi ikan pelagis kecil. Tingginya potensi tersebut dapat dimanfaatkan secara maksimal melalui pengetahuan daerah potensi penangkapan ikan. Penentuan DPI (Daerah Penangkapan Ikan) ikan pelagis oleh nelayan Pukat Cincin (mini purse seine) yang berbasis di PPN Pekalongan masih menggunakan cara konvensional sehingga hasilnya kurang maksimal. Tujuan penelitian ini mengkaji nilai rata-rata bulanan SPL dan konsentrasi klorofil-a selama 4 tahun (2015-2018) melalui interpretasi citra satelit Aqua Modis serta menganalisis pengaruhnya terhadap hasil tangkapan ikan pelagis. Hasil akhir yang didapat ialah peta daerah potensi penangkapan ikan pelagis di Laut Jawa. Penelitian ini menerapkan teori bahwa daerah potensi penangkapan dapat diduga melalui pendekatan SPL dan Klorofila. Metode pengambilan data dilakukan melalui observasi dengan penentuan lokasi secara purposive sampling. Hasil yang didapat yakni rata-rata produksi ikan pelagis tertinggi pada tahun 2016 hingga 2018 di Laut Jawa didapat pada musim peralihan I dengan SPL 28,86 o C dan konsentrasi klorofil-a 0,55 mg/m 3 . Analisis pengaruh SPL dan Klorofil-a terhadap hasil tangkapan dilakukan melalui regresi berganda dengan menyertakan uji asumsi klasik. SPL dan klorofil-a secara simultan berpengaruh terhadap hasil tangkapan. SPL berpengaruh secara lansung sedangkan konsentrasi klorofil-a tidak berpengaruh secara langsung terhadap hasil tangkapan ikan pelagis, terkhusus ikan Tembang. Pengaruh SPL dan Klorofil-a terhadap hasil tangkapan dinilai cukup kuat terlihat dari koefisien korelasi (R) 0,795. Koefisien determinasi (R 2 ) sebesar 0,63, artinya SPL dan klorofil-a dapat menjelaskan hasil tangkapan 63%. Terdapat 3 lokasi yang berpotensi sebagai daerah penangkapan di Laut Jawa tepatnya Utara Kota Pekalongan yakni di perairan Tegal, Pemalang dan Pekalongan dimana daerah potensi terluas berada di perairan Pekalongan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > Q Science (General)
Divisions:Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Fisheries
ID Code:77024
Deposited By:Pancasila Wati FPIK
Deposited On:21 Oct 2019 11:56
Last Modified:21 Oct 2019 11:56

Repository Staff Only: item control page