ANALISIS ALAT TANGKAP KEPITING BAKAU (Scylla Sp) BERDASARKAN KRITERIA PENANGKAPAN YANG RAMAH LINGKUNGAN DAN FAKTOR EKONOMIS DI PERAIRAN PEMALANG

ILFHAD , ARMANDA (2019) ANALISIS ALAT TANGKAP KEPITING BAKAU (Scylla Sp) BERDASARKAN KRITERIA PENANGKAPAN YANG RAMAH LINGKUNGAN DAN FAKTOR EKONOMIS DI PERAIRAN PEMALANG. Undergraduate thesis, Faculty of Fisheries and Marine Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
3177Kb

Abstract

Kabupaten Pemalang merupakan salah satu daerah di sepanjang pantai utara Jawa Tengah yang memiliki potensi kepiting bakau yang dapat dikembangkan. Pengelolaan perikanan tangkap tidak dapat terlepas dari 3 aspek yaitu ekologi, ekonomi, dan sosial. Kondisi perikanan tangkap di Indonesia, khususnya perairan Pemalang, dianggap masih belum dapat menyeimbangkan ketiga aspek tersebut. Maka dari itu dibutuhkan strategi agar usaha perikanan tangkap ramah lingkungan secara ekologi, efisien secara ekonomi, dan dapat diterima secara sosial. Alat penangkap kepiting bakau yang ada di Desa Mojo adalah Bubu, Trammel net, dan Pancing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis alat tangkap ramah lingkungan, dan analisis kelayakan usaha melalui Revenue Cost Ratio (RC Ratio). Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus mengenai alat tangkap ikan yang berkelanjutan dan kelayakan usaha dilihat dari nilai R/C ratio usaha penangkapan ikan didesa Mojo dengan wawancara dan observasi lapangan. Responden pada analisis ramah lingkungan dan analisis kelayakan usaha diambil dengan metode snowball sampling. Rentang nilai 4 kategori alat tangkap ramah lingkungan sebagai berikut: 1 – 9 sangat tidak ramah lingkungan, 10 – 18 tidak ramah lingkungan, 19 – 27 ramah lingkungan, 28 – 36 sangat ramah lingkungan. Hasil yang dipereroleh dari penelitian ini adalah yang termasuk dalam kategori sangat ramah lingkungan di Desa Mojo adalah pancing dengan skor 33,93. sedangkan bubu termasuk alat tangkap ramah lingkungan dengan skor 32,18. Sementara itu skor trammel net adalah 27,57 yang dikategorikan sebagai alat tangkap yang ramah lingkungan. Analisis kelayakan usaha meggunakan metode RC Ratio pada masing-masing alat tangkap didapatkan hasil yang layak untuk dilanjutkan dari segi ekonomi. Untuk alat tangkap bubu, trammel net, dan pancing dengan nilai RC ratio 2.5, 3.0, 6.4.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > Q Science (General)
Divisions:Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Fisheries
ID Code:77021
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:21 Oct 2019 11:57
Last Modified:21 Oct 2019 11:57

Repository Staff Only: item control page