ANALISIS PERBANDINGAN NILAI TUKAR NELAYAN (NTN) ALAT TANGKAP RAMAH LINGKUNGAN DENGAN ALAT TANGKAP TIDAK RAMAH LINGKUNGAN DI TAMBAK LOROK KOTA SEMARANG

HENDRA , WIGUNA (2019) ANALISIS PERBANDINGAN NILAI TUKAR NELAYAN (NTN) ALAT TANGKAP RAMAH LINGKUNGAN DENGAN ALAT TANGKAP TIDAK RAMAH LINGKUNGAN DI TAMBAK LOROK KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Faculty of Fisheries and Marine Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
781Kb

Abstract

Kampung Tambak Lorok adalah kampung nelayan terpadat di Kota Semarang. Alat tangkap yang digunakan oleh nelayan diantaranya gill net dan arad. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan Nilai Tukar Nelayan (NTN) antara nelayan arad dan gill net di Tambak Lorok. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif bersifat studi kasus dengan jumlah sampel 30 nelayan. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis nilai tukar. Aspek teknis dari alat tangkap gill net terdiri dari beberapa bagian badan jaring, pelampung dan pemberat. Alat tangkap Arad terdiri dari beberapa bagian badan, tali ris atas, tali ris bawah, tali guci, tali cabang dan papan otter. Pengoperasian gill net dan arad diawali dengan menentukan fishing ground, melakukan penurunan jaring (setting), perendaman (immersing) dan pengangkatan (hauling). Sedangkan arad tidak menggunakan perendaman melainkan penarikan jaring (towing). Fishing ground nelayan gill net dan arad di perairan Kota Semarang hingga Kendal. Pendapatan usaha perikanan nelayan rata-rata pertahun, gill net Rp.94.835.033 sedangkan arad 147.509.133. Pengeluaran usaha perikanan nelayan rata-rata pertahun, gill net Rp.26.673.000 sedangkan arad Rp.63.424.967. Baik nelayan gill net atau arad, masing-masing tidak memiliki pengasilan non usaha perikanan karena semua adalah nelayan penuh. Pengeluaran total nelayan rata-rata pertahun gill net Rp. 62.353.000 sedangkan arad Rp. 107.532.967. Berdasarkan penelitian NTN nelayan gill net lebih tinggi dari pada NTN nelayan arad.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > Q Science (General)
Divisions:Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Fisheries
ID Code:77020
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:21 Oct 2019 11:57
Last Modified:21 Oct 2019 11:57

Repository Staff Only: item control page