KESESUAIAN TEKNIS RASIO GAYA APUNG (BUOYANCE FORCE) DAN GAYA TENGGELAM (SINKING FORCE) PADA PUKAT CINCIN (PURSE SEINE) PELAGIS KECIL TIPE LENGKUNG DI PPP BULU, KABUPATEN TUBAN

BIMO , SILAR SANHAJIK (2019) KESESUAIAN TEKNIS RASIO GAYA APUNG (BUOYANCE FORCE) DAN GAYA TENGGELAM (SINKING FORCE) PADA PUKAT CINCIN (PURSE SEINE) PELAGIS KECIL TIPE LENGKUNG DI PPP BULU, KABUPATEN TUBAN. Undergraduate thesis, Faculty of Fisheries and Marine Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
1246Kb

Abstract

Pukat cincin tipe lengkung merupakan kelompok alat penangkap ikan berupa jaring berbentuk kantong yang berfungsi untuk melingkarkan gerombolan ikan pelagis dengan memiliki bentuk satu lengkungan pada bagian bawah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik bentuk dan konstruksi, menganalisis karakteristik bentuk dan konstruksi, serta menganalisis kesesuaian teknis rasio gaya apung dan gaya tenggelam pukat cincin (purse seine) pelagis kecil tipe lengkung di PPP Bulu. Metode penelittian yang digunakan adalah metode deskripsi survei dengan simple random sampling. Metode pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis karakteristik bentuk, analisis karakteristik konstruksi, menghitung berat komponen, menghitung gaya apung dan gaya tenggelam, serta menganalisis kesesuaian teknis rasio gaya apung dan gaya tenggelam dengan fungsi statistik deskriptif menggunakan software SPSS 20.0. Rasio Gaya apung pukat cincin yang ideal adalah sama dengan 1,5 – 2,0 kali jumlah gaya tenggelamnya. Rasio gaya apung dan gaya tenggelam dari 13 sampel menunjukkan bahwa 4 sampel memiliki rasio dibawah 1,5; 7 sampel diantara 1,5 – 2,0; dan 2 sampel di atas 2,0. Data sampel dapat mewakili kondisi lapangan karena nilai mean menunjukkan bahwa data populasi berada pada kisaran nilai 1,6 hingga 1,7.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > Q Science (General)
Divisions:Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Fisheries
ID Code:76982
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:21 Oct 2019 12:04
Last Modified:21 Oct 2019 12:04

Repository Staff Only: item control page