PENDUGAAN DAERAH PENANGKAPAN IKAN TONGKOL DENGAN TEKNOLOGI PENGINDERAAN JAUH BERDASARKAN PARAMETER KLOROFIL-A DAN SUHU PERMUKAAN LAUT DI PERAIRAN NATUNA

Asa , Nur Fauziah (2019) PENDUGAAN DAERAH PENANGKAPAN IKAN TONGKOL DENGAN TEKNOLOGI PENGINDERAAN JAUH BERDASARKAN PARAMETER KLOROFIL-A DAN SUHU PERMUKAAN LAUT DI PERAIRAN NATUNA. Undergraduate thesis, Faculty of Fisheries and Marine Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
906Kb

Abstract

Salah satu faktor keberhasilan operasi penangkapan ikan di laut adalah diketahuinya Daerah Penangkapan Ikan (DPI). Salah satu alternatif dalam penentuan DPI di laut adalah dengan menggunakan teknologi penginderaan jarak jauh berdasarkan parameter oseanografi klorofil-a dan SPL. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis parameter oseanografi klorofil-a dan SPL terhadap hasil tangkapan ikan Tongkol, mengetahui dan menganalisis parameter oseanografi klorofil-a dan SPL yang diduga sebagai DPI ikan Tongkol dari data citra satelit Aqua Modis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pengambilan sampel menggunakan metode simple random sampling. Data penelitian meliputi klorofil-a, SPL yang diperoleh dari citra satelit serta data SPL insitu, hasil tangkapan, dan koordinat tangkapan di 10 stasiun dan data citra satelit Aqua MODIS periode 2015 – 2018, sedangkan data hasil tangkapan ikan Tongkol pada periode 2015 – 2018 yang diperoleh dari data sekunder DKP Natuna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebaran temporal diperoleh hasil nilai klorofil-a tertinggi pada bulan Januari 2019 yaitu 0.28 mg/m 3 yang berada di lokasi fishing ground ke 5. Konsentrasi klorofil yang berada di perairan Natuna rata-rata bernilai 0.25 mg/m 3 , SPL yang berkisar antara 26-30 o C, sebaran spasial diperoleh hasil nilai klorofil-a di daerah dekat pantai lebih tinggi di banding dengan perairan lepas pantai berbanding lurus dengan suhu permukaan laut klorofil-a semakin ke laut lepas dan nilai suhunya semakin dingin. korelasi antara klorofil-a dan suhu permukaan laut terhadap hasil tangkapan pada tahun 2015-2018 masing-masing sebesar 0,64 dan 0,78 sedangkan pada bulan Januari 2019 sebesar 0,53 dan 0.84. Sehingga dapat dikatakan bahwa klorofil dan SPL mempengaruhi hasil tangkapan ikan Tongkol.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > Q Science (General)
Divisions:Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Fisheries
ID Code:76978
Deposited By:Pancasila Wati FPIK
Deposited On:21 Oct 2019 12:06
Last Modified:21 Oct 2019 12:06

Repository Staff Only: item control page