Laporan Tugas Akhir ANALISIS PENGUKURAN GAS KARBON DIOKSIDA (CO2) DI KAWASAN KOMERSIAL MALL PARAGON CITY DAN PERUMAHAN SEKITAR SEMARANG TENGAH MENGGUNAKAN TEKNOLOGI UNMANNED AERIAL VEHICLE (UAV)

FAHIRA, NIA and Huboyo, Haryono Setiyo and Samadikun, Budi Prasetvo (2019) Laporan Tugas Akhir ANALISIS PENGUKURAN GAS KARBON DIOKSIDA (CO2) DI KAWASAN KOMERSIAL MALL PARAGON CITY DAN PERUMAHAN SEKITAR SEMARANG TENGAH MENGGUNAKAN TEKNOLOGI UNMANNED AERIAL VEHICLE (UAV). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
127Kb

Abstract

ABSTRAK Analisis Pengukuran Gas Karbon Dioksida (CO2) di Kawasan Komersial Mall Paragon City dan Perumahan Sekitar Semarang Tengah Menggunakan Unmanned Aerial Vehicle (UAV) Nia Fahira, Haryono Setiyo Huboyo, Budi Prasetyo Samadikun Kota Semarang merupakan ibukota provinsi Jawa Tengah yang dari tahun ke tahun mengalami perkembangan akibat pertumbuhan jumlah penduduk. Berdasarkan data BPS Kota Semarang tahun 2018, laju pertumbuhan penduduk di tahun 2015-2017 adalah sebesar 3,5% dengan jumlah penduduk pada tahun 2017 sebanyak 1.753.092 jiwa yang mengakibatkan pencemaran udara di Kota Semarang dari tahun ke tahun semakin meningkat. Karbon dioksida (CO2) merupakan salah satu emisi gas buang yang berbahaya bagi manusia dan juga lingkungan. Keberadaan gas tersebut dalam jumlah banyak dapat mengakibatkan terjadinya efek rumah kaca. Pada umumnya, pengukuran konsentrasi gas CO2 dilakukan dengan menggunakan CO2 meter tanpa Unmanned Aerial Vehicle (UAV), sehingga tidak dapat menjangkau titik yang lebih tinggi maupun titik yang memiliki medan yang sulit. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengimplementasikan metode UAV, menganalisis hasil pengukuran gas CO2, dan menganalisis perbandingan hasilnya. Pada penelitian ini, pengukuran konsentrasi gas CO2 dilakukan dengan menggunakan CO2 meter AZ 7755 yang dipasang di badan UAV, sehingga dapat menjangkau titik pengukuran dengan ketinggian tertentu. Pemetaan persebaran gasnya dibuat menggunakan Software Surfer 13, sedangkan perbandingan hasilnya dianalisis secara statistik menggunakan Software IBM SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengukuran konsentrasi CO2 pada weekend pagi, weekday pagi, dan weekday sore di Perumahan Sekitar Semarang Tengah lebih tinggi dari Kawasan Komersial Mall Paragon City. Sedangkan pada weekend sore di Kawasan Komersial Mall Paragon City lebih tinggi dari Perumahan Sekitar Semarang Tengah. Tidak ada perbedaan yang signifikan dari hasil pengukuran berdasarkan perbedaan ketinggian 1,5 m dan 15 m, namun ada perbedaan signifikan pada tiap titik pengukuran di Kawasan Komersial Mall Paragon City maupun di Perumahan Sekitar Semarang Tengah. Kata Kunci : Karbon dioksida (CO2), Ambien, Gas Rumah Kaca (GRK), Unmanned Aerial Vehicle (UAV)

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Environmental Engineering
Faculty of Engineering > Department of Environmental Engineering
ID Code:76977
Deposited By:Ms teknik lingkungan
Deposited On:30 Sep 2019 14:57
Last Modified:30 Sep 2019 14:57

Repository Staff Only: item control page