Analisis Penangkapan Ikan Berdasarkan Kriteria Penangkapan Ikan yang Ramah Lingkungan dan Berkelanjutan di Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Larangan, Kabupaten Tegal

Ahmad , Fauzan (2019) Analisis Penangkapan Ikan Berdasarkan Kriteria Penangkapan Ikan yang Ramah Lingkungan dan Berkelanjutan di Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Larangan, Kabupaten Tegal. Undergraduate thesis, Faculty of Fisheries and Marine Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
1191Kb

Abstract

Pemanfaatan sumber daya perikanan di Larangan menjadi salah satu potensi perikanan tangkap yang cukup besar. Pengelolaan perikanan tangkap tidak dapat terlepas dari 3 aspek yaitu ekologi, ekonomi, dan sosial. Kondisi perikanan tangkap di Indonesia, khususnya perairan PPI Larangan, dianggap masih belum dapat menyeimbangkan ketiga aspek tersebut. Maka dari itu dibutuhkan strategi agar usaha perikanan tangkap ramah lingkungan secara ekologi, efisien secara ekonomi, dan dapat diterima secara sosial. Alat penangkap ikan yang ada di PPI Larangan adalah Purse Seine Waring, Arad (Mini trawl), dan Bubu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis alat tangkap ramah lingkungan , dan analisis kelayakan usaha melalui Revenue Cost Ratio (RC Ratio). Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus mengenai alat tangkap ikan yang berkelanjutan di Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Larangan dengan wawancara dan observasi lapangan. Responden pada analisis ramah lingkungan dan analisis kelayakan usaha diambil dengan metode snowball sampling. Rentang nilai 4 kategori alat tangkap ramah lingkungan sebagai berikut: 1 – 9 sangat tidak ramah lingkungan, 10 – 18 tidak ramah lingkungan, 19 – 27 ramah lingkungan, 28 – 36 sangat ramah lingkungan. Hasil yang dipereroleh dari penelitian ini yaitu alat tangkap yang masuk kategori sangat ramah lingkungan di PPI Larangan adalah Bubu dengan skor 32, sedangkan Purse Seine Waring termasuk alat tangkap ramah lingkungan dengan masingmasing skor 22. Sementara itu Arad termasuk alat tangkap yang tidak ramah lingkungan dengan skor 16,55. Analisis kelayakan usaha dengan meggunakan metode Revenue Cost Ratio (RC Ratio) pada masing-masing alat tangkap didapatkan hasil layak untuk dilanjutkan dari segi ekonomi. Pada alat tangkap Purse Seine Waring didapatkan nilai 2.53, Pada alat tangkap arad didapatkan hasil 2.01, serta pada alat tangkap bubu didapatkan nilai 3,1.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > Q Science (General)
Divisions:Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Fisheries
ID Code:76972
Deposited By:Pancasila Wati FPIK
Deposited On:21 Oct 2019 12:08
Last Modified:21 Oct 2019 12:08

Repository Staff Only: item control page