Laporan Tugas Akhir PENGOLAHAN AIR SUMUR MELALUI METODE OZONISASI DARI PELUAHAN MUATAN LISTRIK (Variasi : Tegangan Tinggi dan Debit Aliran Udara)

Annisa Putri, Ranti and Oktiawan, Wiharyanto and SYAKUR, ABDUL (2019) Laporan Tugas Akhir PENGOLAHAN AIR SUMUR MELALUI METODE OZONISASI DARI PELUAHAN MUATAN LISTRIK (Variasi : Tegangan Tinggi dan Debit Aliran Udara). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
659Kb

Abstract

ABSTRAK Akhir – akhir ini Indonesia sudah mulai memasuki kondisi penurunan kualitas air bersih terutama air tanah, padahal air bersih merupakan kebutuhan primer yang harus terpenuhi untuk setiap manusia. Ozon merupakan salah satu oksidan yang sangat reaktif sehingga diyakini mampu mengoksidasi untuk menyisihkan beberapa parameter dalam air bersih. Prinsip generator ozon dengan peluahan muatan listrik yaitu ketika listrik dialirkan melalui elektroda dalam akan terjadi lucutan elektron dan lucutan elektron tersebut yang akan bereaksi dengan udara bebas yang mengandung O2 sahingga terbentuklah O3 (ozon). Pada penelitian ini dibuat generator ozon dengan peluahan muatan listrik berpenghalang dielektrik dengan variasi tegangan tinggi 12 kV, 13 kV dan 14 kV dan variasi debit udara 0,5 liter/menit, 1,0 liter/menit dan 1,5 liter/menit. Ozon yang telah dibuat dengan generator selanjutnya dikontakkan dengan air sampel air tanah yang memiliki kandungan besi 5,85 mg/liter dan mangan 0,45 mg/liter yang belum memenuhi persyaratan kualitas air minum menurut standar Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 492 Tahun 2010 tentang Persyaratan Kualitas Air Minum yaitu 0,3 mg/liter untuk besi dan 0,4 mg/liter untuk mangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses ozonisasi dengan prosuksi konsentrasi ozon sebesar 33,41 ppm ini mampu menurunkan parameter kadar besi hingga 23% dari 5,85 mg/liter menjadi 4,53 mg/liter setelah proses ozonisasi, sementara variasi tersebut mampu menyisihkan mangan hingga 69% dari 0,45 mg/liter menjadi 0,14 mg/liter setelah proses ozonisasi. Kata Kunci : Air Sumur, Besi, Mangan, Ozon, Proses Ozonisasi, Peluahan Muatan Listrik

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Environmental Engineering
Faculty of Engineering > Department of Environmental Engineering
ID Code:76971
Deposited By:Ms teknik lingkungan
Deposited On:30 Sep 2019 14:42
Last Modified:30 Sep 2019 14:42

Repository Staff Only: item control page