ANALISIS PENGUKURAN GAS KARBON DIOKSIDA (CO2) DI KAWASAN INDUSTRI TUGU DAN KAWASAN PERUMAHAN TUGUREJO KOTA SEMARANG MENGGUNAKAN TEKNOLOGI UNMANNED AERIAL VEHICLE (UAV)

PRAYUDI, YUNUS and Samadikun, Budi Prasetvo and Huboyo, Haryono Setiyo (2019) ANALISIS PENGUKURAN GAS KARBON DIOKSIDA (CO2) DI KAWASAN INDUSTRI TUGU DAN KAWASAN PERUMAHAN TUGUREJO KOTA SEMARANG MENGGUNAKAN TEKNOLOGI UNMANNED AERIAL VEHICLE (UAV). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
299Kb

Abstract

ABSTRAK Pertumbuhan jumlah penduduk serta aktivitas kegiatan industri di Kota Semarang yang semakin bertambah, mengakibatkan timbulan pencemaran udara dari tahun ke tahun akumulasinya selalu bertambah. Gas CO2 merupakan gas yang dihasilkan dari berbagai aktivitas yang berkaitan dengan kegiatan industri maupun kegiatan di kawasan perumahan. Gas CO2 merupakan hasil dari pembakaran senyawa organik dengan jumlah oksigen yang cukup. Pada saat proses pembakaran, sebagian besar karbon teremisikan dalam bentuk CO2 [1] . Pada umumnya pengukuran konsentrasi CO2 dilakukan dengan menggunakan Metode NDIR, namun alat tersebut memiliki kekurangan yaitu sulit dilakukan pada lokasi yang sulit dijangkau dengan ketinggian. Maka diperlukan penelitian di Kawasan Industri Tugu dan Kawasan Perumahan Tugurejo Kota Semarang mengenai pengukuran gas CO2 dengan menggunakan teknologi Unmanned Aerial Vehicle (UAV) pada 2 titik ketinggian berbeda yaitu 1,5 m dan 15 m. Penggunaan variasi ketinggian karena kecepatan angin berpengaruh terhadap konsentrasi gas buang. Semakin besar kecepatan angin maka konsentrasi gas buang pada daerah itu sendiri akan berkurang, Jika kecepatan angin lebih kecil dimungkinkan konsentrasinya akan tetap berada di daerah sumber [2], Hasil penelitian menunjukkan Konsentrasi CO2 pada weekday pagi dan sore, serta weekend pagi di Kawasan Industri Tugu lebih tinggi dari Perumahan Kelurahan Tugurejo. Sedangkan konsentrasi CO2 pada weekend sore di Perumahan Kelurahan Tugurejo lebih tinggi dari Kawasan Industri Tugu. Konsentrasi CO2 pada 2 titik ketinggian menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan baik di Kawasan Industri Tugu maupun di Perumahan Kelurahan Tugurejo. Hasil pengukuran konsentrasi CO2 pada 5 titik lokasi di Kawasan Industri Tugu tidak menunjukkan perbedaan yang nyata. Sedangkan pada Perumahan Kelurahan Tugurejo menunjukkan 2 kelompok perbedaan yang nyata di 5 titik pengukuran. Kata Kunci: Karbon Dioksida, Kawasan Industri, Perumahan,, Unmanned Aerial Vehicle.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Environmental Engineering
Faculty of Engineering > Department of Environmental Engineering
ID Code:76959
Deposited By:Ms teknik lingkungan
Deposited On:30 Sep 2019 11:30
Last Modified:30 Sep 2019 11:30

Repository Staff Only: item control page