Pengaruh Kombinasi NaCl Fisiologis dan Air Kelapa Muda terhadap Motilitas, Derajat Pembuahan dan Derajat Penetasan Telur Ikan Nilem (Osteochilus hasselti)

Riza , Suci Shantia (2019) Pengaruh Kombinasi NaCl Fisiologis dan Air Kelapa Muda terhadap Motilitas, Derajat Pembuahan dan Derajat Penetasan Telur Ikan Nilem (Osteochilus hasselti). Undergraduate thesis, Faculty of Fisheries and Marine Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
772Kb

Abstract

Ikan nilem (O. hasselti) merupakan salah satu ikan konsumsi yang sedang dikembangkan di Indonesia. Sebagai ikan endemik, ikan nilem melakukan pemijahan sepanjang tahun namun puncak pemijahannya bergantung pada musim. Hal ini menjadi permasalahan yang menjadi dasar penelitian karena sebagai ikan yang sedang dikembangkan produksi benih harus selalu tersedia jumlahnya dengan kualitas yang baik. Salah satu upaya yaitu dengan pemijahan buatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan dosis optimal dari pengenceran sperma dengan kombinasi air kelapa muda dan NaCl fisiologis guna mencukupi kebutuhan sperma yang memadai. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dilakukan 3 kali pengulangan. Bahan uji yang digunakan pada penelitian ini yaitu satu induk betina dan satu induk jantan. Perlakuan yang diberikan yaitu pengenceran sperma menggunakan 4 ml sperma yang dicampur dengan bahan pengencer yaitu NaCl fisiologis dan air kelapa muda untuk membuahi 300-400 telur ikan nilem. Perlakuan tersebut yaitu perlakuan A 0,2 ml sperma + NaCl fisiologis 0% + air kelapa muda 100% (3,8 ml), perlakuan B 0,2 ml sperma + NaCl fisiologis 25% (0,95 ml) + air kelapa muda 75% (2,85 ml), perlakuan C 0,2 ml sperma + NaCl fisiologis 50% (1,9 ml) + air kelapa muda 50% (1,9 ml), perlakuan D 0,2 ml sperma + NaCl fisiologis 75% (2,85 ml) + air kelapa muda 25% (0,95 ml), dan E 0,2 ml sperma + NaCl fisiologis 100% (3,8 ml). + air kelapa muda 0%. Data yang diamati meliputi motilitas sperma, Fertilization rate (FR), Hatching rate (HR) dan Survival rate (SR). Hasil penelitian menunjukan perlakuan D merupakan perlakuan terbaik dengan menghasilkan motilitas sangat baik +++, FR 91,64% ± 1,05, HR 87,28% ± 1,50, dan SR 72,36% ± 1,88. Kesimpulan Kombinasi NaCl fisiologis dan air kelapa muda berpengaruh nyata (Fhitung>Ftabel) terhadap motilitas, derajat pembuahan, dan derajat penetasan telur ikan nilem (Osteochilus hasselti). Kombinasi NaCl fisiologis dan air kelapa muda tidak berpengaruh nyata (Fhitung<Ftabel) terhadap kelulushidupan larva ikan nilem (Osteochilus hasselti).

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > Q Science (General)
Divisions:Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Fisheries
ID Code:76927
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:21 Oct 2019 12:15
Last Modified:21 Oct 2019 12:15

Repository Staff Only: item control page