PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI KEDUTEN (KELUARGA PEDULI HIPERTENSI) BERBASIS ANDROID OLEH KELUARGA TERHADAP DUKUNGAN KELUARGA PENDERITA HIPERTENSI

Oktaviani, Rita and Suryawati, Chriswardani and MENDROFA, FERY AGUSMAN (2019) PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI KEDUTEN (KELUARGA PEDULI HIPERTENSI) BERBASIS ANDROID OLEH KELUARGA TERHADAP DUKUNGAN KELUARGA PENDERITA HIPERTENSI. Masters thesis, Diponegoro University.

[img]PDF
Restricted to Registered users only

4Mb
[img]Microsoft Word
654Kb

Abstract

Penyakit hipertensi sering ditemui di fasilitas pelayanan kesehatan primer dan apabila tidak ditindaklanjuti dapat berkembang menjadi penyakit yang lebih serius. Pelayanan kesehatan penyakit tidak menular seperti hipertensi tidak hanya bergantung pada diagnosa dan intervensi medis tetapi juga membutuhkan dukungan lingkungan serta kerjasama antara petugas kesehatan dengan pasien dan keluarganya. Upaya untuk memenuhi tugas perawatan kesehatan keluarga di era modernisasi saat ini salah satunya dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Peneliti menggunakan smartphone berbasis android dengan aplikasi bernama KEDUTEN (Keluarga Peduli Hipertensi) dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi KEDUTEN berbasis android oleh keluarga terhadap dukungan keluarga penderita hipertensi. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimental yang berbentuk one group pretest and posttest design. Penelitian ini dilakukan pada bulan November-Desember 2018. Sampel penelitian ini sebanyak 100 responden keluarga penderita hipertensi. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dukungan keluarga dan dianalisa dengan menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai mean dukungan keluarga sebelum dilakukan intervensi sebesar 41,20 dan meningkat menjadi 44,72 setelah intervensi. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan p value=0,000 (p value <0,05), artinya ada pengaruh penggunaan aplikasi KEDUTEN berbasis android oleh keluarga terhadap dukungan keluarga penderita hipertensi.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nursing
Faculty of Medicine > Department of Nursing
ID Code:76918
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:27 Sep 2019 13:44
Last Modified:27 Sep 2019 13:44

Repository Staff Only: item control page