Pengaruh Suhu yang Berbeda terhadap Pertumbuhan dan Perkembangan Tingkat Kematangan Gonad Kerang Darah (Anadara granosa)

Aring , Retno Wulan (2019) Pengaruh Suhu yang Berbeda terhadap Pertumbuhan dan Perkembangan Tingkat Kematangan Gonad Kerang Darah (Anadara granosa). Undergraduate thesis, Faculty of Fisheries and Marine Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
214Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
628Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
597Kb

Abstract

Kerang Darah (Anadara granosa) merupakan kerang yang proses budidayanys masih berupa pemindahan benih alam ke tambak untuk dibesarkan. Proses pembenihan kerang darah yang telah didomestikasi memerlukan informasi mengenai perkembangan gonad kerang darah. Suhu memiliki peran dalam peningkatan perkembangan gonad kerang darah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh suhu yang berbeda terhadap perkembangan gonad, pert umbuhan dan Survival Rate Kerang Darah. Meliputi pertumbuhan panjang, lebar dan tebal cangkang, pertumbuhan bobot, tingkat kematangan gonad (TKG), laju pertumbuhan spesifik (SGR), Survival Rate (SR) dan kualitas air. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2018 hingga April 2019 di Laboratorium Akuakultur, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan yaitu A (26 0 C), perlakuan B (28 0 C), perlakuan C (30 0 C) dan perlakuan D (32 0 C) dimana terdapat 2 set percobaan masing-masing terdapat 2 ulangan digunakan untuk menentukan kelulushidupan dan 2 ulangan digunakan untuk sampel pengamatan tingkat kematangan gonad. Kerang darah yang digunakan memiliki rentang ukuran 2-3 cm, sebanyak 15 ekor/akuarium yang berasal dari perairan Bedono, kabupaten Demak. Analisis data yang digunakan menggunakan Microsoft Excel yang digunakan pada data pertumbuhan panjang, lebar dan tebal cangkang, pertumbuhan bobot, SGR, SR dan analisa deskriptif yang digunakan pada data TKG dan kualitas air. Hasil penelitian menunjukkan bahwa suhu tidak memberikan pengaruh terhadap panjang, lebar, bobot, SGR dan SR namun memberikan pengaruh terhadap tebal dan perkembangan tingkat kematangan gonad kerang darah . Perlakuan dengan suhu 32 0 C memberikan hasil yang terbaik dan tercepat dalam proses perkembangan tingkat kematangan gonad Kerang Darah Jantan dan Betina dengan kualitas air selama pemeliharaan masih dalam kisaran layak untuk pertumbuhan kerang darah.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > Q Science (General)
Divisions:Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Fisheries
ID Code:76898
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:21 Oct 2019 12:24
Last Modified:21 Oct 2019 12:24

Repository Staff Only: item control page