PENGARUH PERBEDAAN KONSENTRASI PADA FILTRASI KOPI ABC TERHADAP HASIL FILTRAT MENGGUNAKAN ALAT PLATE AND FRAME FILTER (Effect of Concentration’s Difference on ABC Coffee Filtration on the Filtrate of Plate and Frame Filter)

FIRDAUS SYAH, JONATHAN (2019) PENGARUH PERBEDAAN KONSENTRASI PADA FILTRASI KOPI ABC TERHADAP HASIL FILTRAT MENGGUNAKAN ALAT PLATE AND FRAME FILTER (Effect of Concentration’s Difference on ABC Coffee Filtration on the Filtrate of Plate and Frame Filter). Undergraduate thesis, undip vokasi.

[img]
Preview
PDF (cover dll)
441Kb
[img]
Preview
PDF (bab i)
93Kb
[img]
Preview
PDF (bab ii)
260Kb
[img]PDF (BAB III)
Restricted to Repository staff only

77Kb
[img]PDF (BAB V)
Restricted to Repository staff only

219Kb
[img]PDF (BA VI)
Restricted to Repository staff only

237Kb
[img]
Preview
PDF (BAB VII)
97Kb
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
122Kb
[img]
Preview
PDF (LAMPIRAN)
570Kb

Abstract

Indonesia merupakan Negara agraris yang kaya akan sumber pangan baik di sector pertanian maupun perkebunan. Kopi merupakan komoditas perkebunan yang memegang peranan penting dalam perekonomian Indonesia. Pada tahun 2016 produksi kopi di Indonesia yaitu 639.305 ton, sedangkan produksi kopi di mencapai 110.354 ton. Pada penelitian ini kopi di filtrasi dengan menggunakan alat filtrasi bertipe plate and frame filter pressuntuk dianalisa hasil cake dan filtratnya. Filtrasi adalah proses penyaringan untuk menghilangkan zat padat tersuspensi dari air melalui media berpori yang akan menghasilkan cake. Solvent yang digunakan adalah air.. Tujuan kegiatan Tugas Akhir ini adalah mengetahui uji kinerja alat filtrasi plate and frame dengan melihat hasil analisa dari cake dan filtrat yang diperoleh. Variable yang digunakan adalah pengaruh konsentrasi kopi dengan waktu filtrasi yang tetap. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan 2 variabel massa yaitu 1000 gr kopi dan 500 gr kopi dengan solvent sebanyak 40L. Berdasarkan percobaan yang telah dilakukan , hasil densitas dan viskositas pada variabel 1 (500 gr) lebih baik dibandingkan dengan variabel 2 (1000 gr) karena untukvariabel 1 hasil nilai densitas dan viskositasnya mengalami penurunan sedangkan variabel 2 mengalami nilai fluktuatif. Untuk massa cake sudah sesuai dengan teori dimana lebih besar massa cakevariabel 2 (1000 gr) dibandingkan dengan variabel 1 (500 gr). Untuk volume filtrat baik variabel 1 maupun 2 sudah sesuai dengan teori dimana nilainya mengalami penurunan dan nilainya juga lebih besar variabel 1 dibandingkan dengan variabel 2. Hal yang bisa menyebabkan kesalahan percobaan yaitu karena variabel massa kopi yang banyak sehingga resistensi cake yang tinggi dan resitensi media filter yangrendah maka membran pori filter ada yang tersumbat. Penyebab lainnya yaitu karena pompa yang tersumbat sehingga debit aliran tidak konstan yang menyebabkan tekanannya pun tidak konstan juga dan kurangnya penggojogan filtrat pada saat akan diuji densitas dan viskositasnya. Kata kunci : Cake, Valve keluaran, Fitrasi,Kopi

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TP Chemical technology
Divisions:Faculty of Engineering > Diploma in Chemical Engineering
Faculty of Engineering > Diploma in Chemical Engineering
ID Code:76860
Deposited By:Ms Siti Sundari Vokasi
Deposited On:27 Sep 2019 08:48
Last Modified:27 Sep 2019 08:48

Repository Staff Only: item control page