Hubungan Zat Hara (Nitrat dan Fosfat) pada Sedimen terhadap Kelimpahan dan Keanekaragaman Makrozoobentos di Sungai Banjir Kanal Barat, Semarang

Febio , Ariawan (2019) Hubungan Zat Hara (Nitrat dan Fosfat) pada Sedimen terhadap Kelimpahan dan Keanekaragaman Makrozoobentos di Sungai Banjir Kanal Barat, Semarang. Undergraduate thesis, Faculty of Fisheries and Marine Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
2689Kb

Abstract

Sungai Banjir Kanal Barat membutuhkan perhatian serius dari berbagai elemen masyarakat, dikarenakan sungai ini banyak digunakan oleh masyarakat. Kandungan nutrien yang ada di sedimen berpengaruh terhadap keanekaragaman dan kelimpahan makrozoobentos. Konsentrasi nitrat dan fosfat yang berada di sedimen dimanfaatkan fitobentos, fitobentos merupakan bahan makanan bentos. makrozoobentos merupakan bioindikator perairan jika semakin berlimpah dan beranekaragam maka sungai itu memiliki kesuburan yang tinggi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tekstur, konsentrasi nitrat dan fosfat pada sedimen, kelimpahan dan keanekaragaman makrozoobentos serta hubungan antara kesuburan pada sedimen dengan kelimpahan dan keanekaragaman makrozoobentos yang ada di Sungai Banjir Kanal Barat, Semarang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April-Mei 2019 menggunakan teknik purposive sampling dengan total 5 stasiun. Sampel yang diambil berupa sedimen dan makrozoobentos. Hasil penelitian yang telah dilakukan menerangkan bahwa fraksi sand berkisar 10,84-92,04%; fraksi silt berkisar antara 0-70%; fraksi clay berkisar antara 2,80-25,48%. Genus makrozoobentos yang ditemukan dikelompokan menjadi 2 kelas yaitu: Gastropoda (Afropomus sp., Melanoides sp., Terebia sp., Terebra sp., Urosalpinx sp.) dan Bivalvia (Anadara sp., Corbicula sp., Leiosolenus sp.). Keanekaragaman jenis makrozoobentos berkisar antara 0,45-1,96 dan termasuk dalam kategori rendah. Kelimpahan individu berkisar antara 15200-42800 ind/m³ dan kelimpahan tertinggi terdapat pada stasiun IV dan stasiun II merupakan kelimpahan terendah. Konsentrasi nitrat dan fosfat sedimen berkisar antara 0,04-0,60 mg/l untuk nitrat lalu konsentrasi fosfat berkisar antara 0,03-1,33 mg/l. Analisis PCA menghasilkan bahwa konsentrasi nitrat pada sedimen berpengaruh terhadap makrozoobentos. konsentrasi nitrat di sedimen cukup berpengaruh dengan keanekaragaman jenis dan kelimpahan makrozoobentos yang ada diperairan, dan memiliki nilai koefisien korelasi sebesar 0,99 dan 0,87.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > Q Science (General)
Divisions:Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Fisheries
ID Code:76858
Deposited By:Pancasila Wati FPIK
Deposited On:21 Oct 2019 13:47
Last Modified:21 Oct 2019 13:47

Repository Staff Only: item control page