AUDIT TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI PADA UNIT SIMPAN DAN PEMBIAYAAN KOPERASI MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 5 (Studi Kasus: Koperasi Pegawai Republik Indonesia Universitas Diponegoro)

Anindita, Dyah Ayu (2019) AUDIT TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI PADA UNIT SIMPAN DAN PEMBIAYAAN KOPERASI MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 5 (Studi Kasus: Koperasi Pegawai Republik Indonesia Universitas Diponegoro). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
2158Kb
[img]
Preview
PDF
8Kb

Abstract

Koperasi Pegawai Republik Indonesia Universitas Diponegoro (KPRI Undip) terdiri dari berbagai unit pelayanan. Salah satunya adalah unit simpan dan pembiayaan yang memberikan layanan simpanan dan peminjaman dari dan hanya untuk anggota. Saat ini KPRI Undip sudah menggunakan sistem akuntansi berbasis komputer dan sistem informasi koperasi yang dapat membantu proses administrasi dan operasional menjadi efektif dan lebih efisien. Audit teknologi informasi yang dilakukan bertujuan untuk mengevaluasi apakah teknologi informasi yang digunakan sesuai dengan yang diharapkan dan mendukung tujuan strategis KPRI Undip. Standar yang digunakan untuk melakukan audit ini adalah COBIT 5. Proses domain yang digunakan adalah EDM01, EDM02, EDM05, APO10, BAI06, DSS01, DSS02, DSS03, DSS04, DSS06, dan MEA01 yang dipilih dari hasil pemetaan visi, tujuan KPRI Undip, dan pertimbangan kondisi unit simpan dan pembiayaan. Hasil tingkat kapabilitas yang diperoleh adalah EDM01, EDM02, EDM05, APO10, BAI06, DSS03, DSS04, dan MEA01 berada pada level 0, sedangkan DSS01, DSS02, dan DSS06 berada pada level 1. Level target yang ingin dicapai adalah level 3, yaitu established process sehingga diberikan rekomendasi untuk memenuhi setiap proses hingga dicapai level 3 sesuai dengan Model Proses Kapabilitas COBIT 5. Kata kunci : Audit, COBIT 5, Kapabilitas, Koperasi, Tata Kelola

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > Computer engineering. Embedded system. Network. Softwares. Robotics. Multimedia
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:76821
Deposited By:Mr Suhersi Rahmadhani
Deposited On:26 Sep 2019 16:13
Last Modified:26 Sep 2019 16:13

Repository Staff Only: item control page