PENENTUAN RESOLUSI CITRA PHANTOM MODE KAMERA GAMMA DENGAN PESAWAT SPECT MENGGUNAKAN Tc99m TERHADAP VARIASI JARAK DETEKTOR

Metungku, Nofrita Angelina (2019) PENENTUAN RESOLUSI CITRA PHANTOM MODE KAMERA GAMMA DENGAN PESAWAT SPECT MENGGUNAKAN Tc99m TERHADAP VARIASI JARAK DETEKTOR. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
550Kb

Abstract

Kedokteran nuklir merupakam salah satu ilmu kedokteran yang menggunakan sumber radiasi terbuka dalam menilai fungsi organ tubuh. Salah satu modalitas dalam kedokteran nuklir yaitu kamera gamma. Sangat penting untuk memperhatikan resolusi spasial kamera gamma yang secara rutin setiap minggu untuk memastikan pesawat kamera gamma bekerja secara optimal sehingga dapat menghasilkan kualitas citra yang lebih akurat dan citra yang lebih tajam. Dengan menentukan nilai FWHM dengan dibantu oleh program matlab sehingga diperoleh nilai resolusi spasial. Pada program matlab untuk dihitung nilai FWHM dengan metode ESF dan PSF. Metode ESF dan PSF memberikan informasi mengenai besarnya nilai FWHM yang diakibatkan pengkaburan di sekitar obyek tepi. Pada penelitian digunakan beberapa jarak detektor untuk mendapatkan nilai resolusi spasial yang terbaik. Dengan variasi jarak detektor mempengaruhi hasil citra yang semakin membesar dan terjadi pengkaburan citra. Nilai resolusi spasial yang diperoleh pada jarak 15 cm yaitu 0.047 lp/mm, 20 cm yaitu 0.055 lp/mm dan pada jarak 25 cm yaitu 0.054 lp/mm. Untuk nilai yang paling optimum diperoleh yaitu pada jarak 20 cm dari detektor dengan nilai resolusi spasial 0.055 lp/mm. Pada jarak 20 cm dengan variasi sudut diperoleh nilai resolusi spasial 0̊ yaitu 0.023 lp/mm, pada sudut 90̊ adalah 0.055, pada sudut 180̊ yaitu 0.018 lp/mm dan 270̊ adalah 0.058 lp/mm. diperoleh nilai resolusi spasial optimum yaitu pada sudut 270̊ yaitu 0.058 lp/mm. Quality Control resolusi spasial citra melalui perhitungan FWHM dapat dihitung menggunakan metode ESF dan PSF pada program Matlab. Pentingnya Quality Control resolusi spasial citra phantom mode kamera gamma pada alat SPECT atau kamera gamma secara optimal. Kata kunci: kamera gamma, resolusi spasial, FWHM, metode ESF dan PSF.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:Q Science > QC Physics
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Physics
ID Code:76818
Deposited By:Mr Suhersi Rahmadhani
Deposited On:26 Sep 2019 16:04
Last Modified:26 Sep 2019 16:04

Repository Staff Only: item control page