Kandungan Bahan Organik Karbon (C) dan Nitrogen (N) pada Dekomposisi Serasah Mangrove Kawasan Maron Mangrove Edu Park, Semarang

Amalia , Anindita (2019) Kandungan Bahan Organik Karbon (C) dan Nitrogen (N) pada Dekomposisi Serasah Mangrove Kawasan Maron Mangrove Edu Park, Semarang. Undergraduate thesis, Faculty of Fisheries and Marine Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
762Kb

Abstract

Salah satunya fungsi ekologis ekosistem mangrove sebagai penyuplai bahan organik dan hara, penyediaan nutrien bagi wilayah perairan sekitarnya. Besarnya peranan hutan mangrove terhadap ekologi perairan di sekitarnya didasarkan pada hasil produksi bahan organik berupa serasah-serasah mangrove gugur kemudian mengalami proses dekomposisi. Maron Mangrove Edu Park merupakan salah satu destinasi wisata di Kota Semarang yang berada berdekatan dengan Pantai Maron dengan pemandangan run away Bandara Lama Ahmad Yani, Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi laju produksi dan laju dekomposisi serasah mangrove serta mengetahui rasio C/N serasah mangrove. Metode penelitian bersifat deskriptif eksploratif, penelitian terbagi dalam tiga titik sampling, dengan dua titik pengulangan yang dikelompokkan pada tiga kategori kerapatan mangrove yaitu rendah, sedang dan tinggi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan 15 Maret sampai dengan 15 April 2019. Produksi total serasah mangrove pada sampling hari ke 7 merupakan hasil tertinggi dari keseluruhan produksi selama 4 minggu, yaitu sebesar 314,42 gram. Dengan laju dekomposisi serasah daun mangrove yang terendah terjadi pada stasiun 3 hari ke 15 sebesar 27,275gram. Pa da kawasan MMEP memiliki nilai rasio C/N yang rendah dikarenakan hasil pengukuran rasio C/N pada lokasi penelitian berkisar antara 104 – 1208,1.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > Q Science (General)
Divisions:Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Fisheries
ID Code:76784
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:21 Oct 2019 14:05
Last Modified:21 Oct 2019 14:05

Repository Staff Only: item control page