Hubungan Tekstur Sedimen Bar, Bahan Organik, dengan Kelimpahan Makrozoobentos di Perairan Pantai Mangkang Wetan, Semarang

Adhi , Nugroho (2019) Hubungan Tekstur Sedimen Bar, Bahan Organik, dengan Kelimpahan Makrozoobentos di Perairan Pantai Mangkang Wetan, Semarang. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
590Kb

Abstract

Perairan Pantai Mangkang Wetan merupakan salah satu daerah pesisir utara Kota Semarang yang berhadapan langsung dengan Perairan Laut Jawa. Wilayah dimanfaatkan masyarakat untuk kegiatan perikanan, pariwisata, dan juga digunakan untuk jalur transportasi kapal. Adanya pasang surut air laut, proses abrasi dan sedimentasi yang terjadi di sepanjang pesisir Kota Semarang sehingga dapat mempengaruhi distribusi tekstur sedimen bar, bahan organik, maupun kelimpahan makrozoobentos. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara sedimen bar, bahan organik, dan kelimpahan makrozoobentos. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 15 April dan 23 April 2019 menggunakan teknik purposive random samplingdengan total 4 stasiun. Sampel yang diambil adalah substrat dan makrozoobentos. Hasil penelitian menyatakan bahwa kelimpahan makrozoobentos tertinggi saat pasang yang diperoleh di stasiun satu yaitu 4333 ind/m 2 dengan KR 59,39% dan terendah di stasiun dua 329 ind/m 2 dengan KR 4,51% sedangkan pada saat surut kelimpahan tertinggi ditemukan di stasiun dua sebanyak 8831 ind/m 2 dengan KR 64,41% dan terendah di stasiun tiga sebanyak 603 ind/m 2 dengan KR 4,38%. Genus makrozoobentos yang mendominasi adalah gastropoda dengan spesies Cerithidea cingulata. Pengaruh stasiun dan pasang surut terhadap kelimpahan makrozoobentos tidak signifikan atau tidak beda nyata. Hubungan kelimpahan makrozoobentos dengan bahan organik signifikan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > Q Science (General)
Divisions:Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Marine Science
ID Code:76768
Deposited By:Pancasila Wati FPIK
Deposited On:21 Oct 2019 14:07
Last Modified:21 Oct 2019 14:07

Repository Staff Only: item control page