LAPORAN PENELITIAN_PRINSIP DASAR HUBUNGAN KEAGENAN PADA JASA PENGIRIMAN BARANG (STUDI HUBUNGAN KEAGENAN DI PT. JALUR NUGRAHA EKAKURIR)

Santoso , Budi and LESTARI, SARTIKA NANDA (2018) LAPORAN PENELITIAN_PRINSIP DASAR HUBUNGAN KEAGENAN PADA JASA PENGIRIMAN BARANG (STUDI HUBUNGAN KEAGENAN DI PT. JALUR NUGRAHA EKAKURIR). [Experiment] (Unpublished)

[img]
Preview
PDF
1285Kb

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang kian berkembang ke berbagai sektor menjadikan perputaran barang maupun jasa semakin cepat. Salah satunya adalah bisnis online (electronic commerce) berupa barang, yang kemudian berdampak pada tingginya permintaan terhadap penyedia jasa pengiriman barang. Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres, Pos dan Logistik Indonesia (Asperindo) menyebutkan bahwa pertumbuhan jasa kurir sepanjang 2017 sekitar 14,7%. perjanjian kerja sama yang dilakukan oleh PT. Jalur Nugraha Ekakurir dengan para agennya didasarkan pada kesepakatan bersama karena belum adanya peraturan yang secara spesifik mengatur mengenai keagenan dalam jasa pengiriman barang. Salah satu peraturan yang dapat menjadi acuan para pihak dalam membuat perjanjian kerja sama adalah Peraturan Menteri Perdagangan RI Nomor: 11/M-Dag/Per/3/2006 tentang Ketentuan dan Tata Cara Penerbitan Surat Tanda Pendaftaran Agen atau Distributor Barang dan/atau Jasa namun hanya mengatur sedikit mengenai hak dan kewajiban para pihak. Atas dasar hal tersebut, melalui metode pendekatan yuridis empiris peneliti mencoba untuk menelaah lebih lanjut mengenai pelaksanaan prinsip dasar dalam hubungan keagenan dengan studi hubungan keagenan dibidang penyelanggaraan pengiriman barang di PT. Jalur Nugraha Ekakurir (PT. JNE). Kata kunci: Keagenan, Jasa Pengiriman Barang

Item Type:Experiment
Subjects:K Law > K Law (General)
Divisions:Faculty of Law > Department of Law
ID Code:76671
Deposited By:Sumeriawati FH
Deposited On:25 Sep 2019 13:36
Last Modified:25 Sep 2019 13:36

Repository Staff Only: item control page