GAMBARAN PENGETAHUAN PERAWAT TENTANG PERAN DAN FUNGSI PERSATUAN PERAWAT NASIONAL INDONESIA (PPNI)DI RSUD DR H SOEWONDO KABUPATEN KENDAL

Nugroho, Agung Pamuji and Santoso, Agus (2019) GAMBARAN PENGETAHUAN PERAWAT TENTANG PERAN DAN FUNGSI PERSATUAN PERAWAT NASIONAL INDONESIA (PPNI)DI RSUD DR H SOEWONDO KABUPATEN KENDAL. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]PDF
Restricted to Registered users only

4053Kb
[img]Microsoft Word
430Kb

Abstract

Departemen Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Juni, 2019 ABSTRAK Agung Pamuji Nugroho Gambaran Pengetahuan Perawat tentang Peran dan Fungsi Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) di RSUD Dr H Soewondo Kabupaten Kendal xlviii + 65 Halaman + 5 Tabel + 2 Gambar + 15 Lampiran Pendahuluan : Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) sebagai organisasi keperawatan yang profesional, mengembangkan profesi keperawatan, dan meningkatkan kesehatan masyarakat. Kurangnya pengetahuan perawat mengenai sarana peningkatan kompetensi, fasilitas penyampaian aspirasi, dan perlindungan hukum perawat sebagai peningkat kesejahteraan profesi keperawatan di RS menjadikan perawat harus memahami peran dan fungsi Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) untuk terwujudnya perawat yang berkualitas. Tujuan : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pengetahuan perawat tentang peran dan fungsi Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) di RSUD Dr H Soewondo Kabupaten Kendal Metode : Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan menggunakan studi deskriptif. Teknik sampling menggunakan proportional random sampling dengan besar sampel penelitian 155 responden dengan menggunakan kuisioner, pada kuisioner berjumlah 29 item pertanyaan. Hasil : Pengetahuan perawat tentang peran dan fungsi Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) di RSUD Dr H Soewondo Kabupaten Kendal dalam kategori baik yaitu berjumlah 80 responden (51.6%)ditunjukan dengan sebagian besar responden yang menjawab benar pada komponen pertanyaan peran dan fungsi Ketua, Sekretaris, Bendahara, Bidang Organisasi, Kaderisasi, dan Hukum, Bidang Hubungan antar Lembaga, Bidang Pendidikan dan Pelatihan (Diklat), Bidang Penelitian, Sistem Informasi dan Komunikasi, Bidang Pelayanan, Bidang Kesejahteraan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI). Kesimpulan : Berdasarkan hasil penelitian disarankan perawat lebih mengoptimalkan pengetahuan diri dan membaca tentang peran dan fungsi Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) khususnya pada Bidang Organisasi, Kaderisasi, dan Hukum, Bidang Pendidikan dan Pelatihan (Diklat), Bidang Penelitian, Sistem Informasi dan Komunikasi, Bidang Kesejahteraan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI). Kata Kunci : Fungsi, Perawat, Peran, Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Daftar Pustaka : 49 (2000-2018)

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nursing
Faculty of Medicine > Department of Nursing
ID Code:76555
Deposited By:Mr Bekti Iskandar
Deposited On:28 Oct 2019 14:43
Last Modified:28 Oct 2019 14:43

Repository Staff Only: item control page