Kaji eksperimental pengaruh beberapa parameter berkendaraan terhadap tingkat konsumsi bahan bakar kendaraan penumpang kapasitas silinder 1500 – 2000 cc

SINAGA , Nazaruddin and Priangkoso, Tabah and WIDAYANA, Della and Abdurrohman, Kosim (2011) Kaji eksperimental pengaruh beberapa parameter berkendaraan terhadap tingkat konsumsi bahan bakar kendaraan penumpang kapasitas silinder 1500 – 2000 cc. In: Seminar Nasional Teknik Mesin X (SNTTM X), 2-3 Nov 2011, Universitas Brawijaya, Malang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

2042Kb

Abstract

Peningkatan efisiensi berkendaraan bermanfaat untuk menurunkan biaya transportasi dan emisi karbon dioksida yang bersumber dari kendaraan bermotor. Dalam makalah ini diutarakan hasil pengujian 4 parameter yang mempengaruhi konsumsi bahan bakar, yaitu kecepatan kendaraan, posisi gigi transmisi, tekanan ban serta penggunaan AC dan asessories. Pengujian dilakukan di laboratorium dengan menggunakan dinamometer chassis. Kendaraan yang digunakan dipilih dari jenis dan merk kendaraan yang banyak dimiliki oleh masyarakat, dengan volume silinder 1500 - 2000 CC transmisi manual dan berbahan bahan bakar bensin premium, dengan sistem injeksi elektronik (EFI). Pengukuran dilakukan dengan menggunakan engine scanner OBD II Palmer. Diperoleh hasil bahwa terdapat kecepatan optimal kendaraan yang mengkonsumsi bahan bakar minimum, dimana pada kondisi ini putaran mesin berada pada kisaran 2000 hingga 2600 RPM. Selanjutnya pada pengujian pengaruh posisi gigi transmisi didapatkan bahwa, tingkat konsumsi bahan bakar minimum dicapai pada posisi gigi transmisi tertinggi. Adapun pengaruh tekanan ban, yang divariasikan dari tekanan 20 hingga 36 psia menunjukkan adanya peningkatan konsumsi bahan bakar hingga sekitar 1,17% untuk setiap psi penurunan tekanan. Pengaruh penggunaan sistem pengkondisi udara dan asessories kendaraan terhadap tingkat konsumsi bahan bakar juga cukup signifikan, yaitu bisa mencapai sekitar 21 hingga 45 persen pada putaran mesin yang tinggi.

Item Type:Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords:kendaraan, konsumsi, bahan bakar, efisiensi
Subjects:T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
ID Code:76474
Deposited By:Mr Nazaruddin Sinaga
Deposited On:20 Sep 2019 05:33
Last Modified:30 Sep 2019 14:10

Repository Staff Only: item control page