STUDI EKSPLORATIF PROBLEM PERILAKU PADA SISWA-SISWI SEKOLAH DASAR DI KOTA SEMARANG

Ediati, Annastasia (2018) STUDI EKSPLORATIF PROBLEM PERILAKU PADA SISWA-SISWI SEKOLAH DASAR DI KOTA SEMARANG. In: Seminar Nasional “Penguatan Peran Keluarga Indonesia di Era Digital untuk Meningkatkan Kualitas Hidup Masyarakat” di Semarang, 29-30 Agustus 2018, Semarang.

[img]
Preview
PDF
395Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi problem perilaku pada anak usia SD yang bersekolah di Kota Semarang. Penelitian ini melibatkan 425 siswa (240 laki-laki; 185 perempuan) dari empat sekolah dasar negeri di tengah Kota Semarang. Untuk mengidentifikasi problem perilaku anak digunakan Kuesioner Kekuatan dan Kesulitan pada Anak (Strength and Difficulties Questionnaire / SDQ), yang terdiri dari 25 butir pertanyaan yang ditujukan untuk mengungkap: 1) emotional problem; 2) conduct problem; 3) hyperactivity; 4) peer problem; dan 5) perilaku prososial. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan Mann-Whitney U-test untuk mengetahui perbedaan problem emosi antara siswa laki-laki dan perempuan serta antar jenjang kelas yang berbeda. Hasil uji komparasi menunjukkan bahwa secara keseluruhan, anak laki-laki memiliki problem perilaku lebih banyak daripada anak perempuan, terutama dalam hal conduct problem, hyperactivity, dan masalah dengan teman sebayanya. Anak perempuan cenderung lebih sering berperilaku prososial daripada anak laki-laki. Anak laki-laki tidak berbeda dari anak perempuan dalam hal problem emosi yang dimilikinya, dan problem perilaku antara siswa kelas IV dan siswa kelas V tidak berbeda. Hasil penelitian ini menegaskan perlunya penanganan, dan pencegahan problem perilaku pada siswa sekolah dasar. Anak laki-laki perlu mendapat perhatian khusus sehubungan dengan tingginya problem perilaku yang ditemukan. Kata kunci: problem perilaku; problem emosi; SDQ; siswa sekolah dasar; Semarang; Indonesia

Item Type:Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:76275
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:17 Sep 2019 15:32
Last Modified:17 Sep 2019 15:32

Repository Staff Only: item control page