PERLINDUNGAN HUKUM BAGI DEBITUR ( CEDENT ) DALAM CESSIE YANG DI AKIBATKAN KREDIT MACET (STUDI KASUS PUTUSAN NOMOR 108./Pdt.G/2016/PN.SBY)

PAMELANI, ANGELINA CHRISTA and SURADI, SURADI and Saptono, Hendro (2019) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI DEBITUR ( CEDENT ) DALAM CESSIE YANG DI AKIBATKAN KREDIT MACET (STUDI KASUS PUTUSAN NOMOR 108./Pdt.G/2016/PN.SBY). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kredit yang di berikan oleh perbankan saat ini sangat di perlukan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Kredit tersebut dapat pula digunakan untuk membeli rumah melalui Kredit Pemilikan Rumah ( KPR). Namun dalam masa pengangsuran banyak hal dapat terjadi, yang menyebabkan sebagian kredit macet maka sebagai jaminan hanya di pindah tangankan yang salah satunya dengan cessie, yang oleh bank kredit tersebut harus diselamatkan dengan berbagai cara salah satunya dengan cara cessie. Penelitian ini mengambil masalah apakah pengalihan hak kreditur kepada pihak ketiga juga mendahulukan hak milik atas jaminan tersebut. Kepada pihak ketiga juga dan bagaimana perlindungan hak debitur dengan adanya cesssie tersebut. Meskipun Cessie di nilai menguntungkan namun masih banyak orang yang belum memahami cessie. Seperti Kreditur Baru yang di bahas di dalam Putusan No108/Pdt.G/2016/PN.Sby. Dalam hal ini penulis ingin mengetahui akankah penjualan piutang dapat disertai dengan penjualan jaminannya, sehingga debitur dapat mendapat perlindungan hukum bila hal tersebut dalam undang-undang tidak diperbolehkan. Metode penelitian yang penulis gunakan dalam penulisan ini adalah pendekatan yuridis normatif. Spesifikasi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitis. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan dengan cara meneliti bahan pustaka atau data sekunder. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat diketahui bahwa Bank tidak dapat menjual piutang kredit beserta jaminannya kepada pihak ketiga menurut Pasal 1154 KUHPerdata. Perlindungan hukum debitur terhadap perjanjian cessie yang disertai oleh hak-hak atas tanah hak tanggungan berdasarkan Pasal 1365 KUHPerdata tercantum dalam Pasal 18 Undang-Undang Perlindungan Konsumen.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:K Law > K Law (General)
Divisions:Faculty of Law > Department of Law
ID Code:76266
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:17 Sep 2019 11:51
Last Modified:17 Sep 2019 11:51

Repository Staff Only: item control page